Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 15 Februari 2010

2009, Kunjungan Wisata Turun 10 Persen





Written by Redaksi ,
Saturday, 13 February 2010 08:20 (sumber Batam Pos,versi asli)

BATAM CENTRE (BP) - Dari data yang dikeluarkan Ditjen Imigrasi, Badan Pusat Statistik (BPS) dan Depbudpar RI baru-baru ini, jumlah kunjungan wisatawan ke Batam selama tahun 2009 turun 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

”Penurunan kunjungan disebabkan krisis yang melanda beberapa negara pada tahun 2009,” ungkap Bambang, staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam kepada Batam Pos, Kamis (11/2).

Berdasarkan data, kunjungan wisatawan dari beberapa negara Asia seperti Jepang, Korea Selatan, India dan Singapura, semua menunjukkan penurunan yang cukup signifikan. Rata-rata penurunan hingga 10-15 persen.

”Yang mengalami peningkatan hanya China sebesar 36,78 persen. Karena China tidak mengalami krisis seperti negara lain,” tambah Bambang.

Bambang juga menambahkan, hal yang sama juga terjadi terhadap kunjungan wisatawan dari Amerika dan Eropa seperti Belanda, Jerman, Itali, Amerika Serikat dan negara Eropa dan amerika lain. ”Kunjungan dari wisatawan Jerman berkurang hingga 24,67 persen,” katannya.

Seiring membaiknya kondisi ekonomi di negara-negara tersebut, Bambang juga berharap agar kunjungan wisata ke Batam juga akan meningkat. Agar target Visit Batam 2010 yang sebesar 1,2 juga dapat tercapai. ”Kita sudah mengupayakan berbagai hal, sambil terus berusaha kita tunggu saja hasilnya,” tutup Bambang. (cr1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar