Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 08 Februari 2010

Titik Api Ganggu Penerbangan

Senin, 08 Pebruari 2010 (sumber Sijori Mandiri,versi asli)
HANG NADIM- Kebakaran yang terjadi di beberapa titik di hutan Bandara Hang Nadim, mulai mengganggu penerbangan, Minggu (7/2). Pasalnya, jaringan kabel lampu landasan pacu (run way lighting) nyaris ikut terbakar.
Akibat kejadian ini, tiga maskapai penerbangan yang memiliki rute terbang maupun mendarat pada malam hari di Bandara Hang Nadim, terancam dibatalkan. Ketiga maskapai itu adalah Garuda, Merpati dan Batavia. Sementara itu, petugas pemadam kebaran OB yang ada di bandara diperintah siaga dan siap bergerak untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

"Petugas sirkuit jaringan listrik telah diminta lebih waspada, karena titik api telah mendekati gardu jaringan lampu," kata Staf ATC Bandara Hang Nadim, Ikhwan kepada wartawan.

Dari pantauan menara Air Traffic Control (ATC) Bandara Hang Nadim, titik api yang berada di run way 04 atau persisnya di sisi barat landasan pacu sudah terlihat semakin membesar. Bahkan api kian mendekat ke areal landasan pacu. Dan di areal itu ada gardu sirkuit jaringan lampu landasan yang berfungsi sebagai penunjuk bagi pesawat terbang maupun mendarat malam hari.

"Belum tahu penyebab kebakaran hutan itu. Apakah karena ada pembukaan lahan atau faktor cuaca yang cukup panas belakangan ini, kita tidak tahu," ujar Ikhwan.

Sekadar diketahui, kebakaran yang terjadi di kawasan hutan bandara itu sudah berlangsung sejak awal bulan. Berkat kesigapan petugas, beberapa hari setelah kebakaran api dapat dijinakkan. Namun, api kembali muncul beberapa hari belakangan. (sm/ed)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar