Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 18 Januari 2010

Seminggu ke Depan Cuaca Masih Panas

Senin, 18 Januari 2010 (sumber Sijori Mandiri,versi asli)
BATAM - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Hang Nadim Batam memprediksi cuaca panas masih akan berlangsung sampai seminggu ke depan. Cuaca Batam menjadi panas dikarenakan adanya angin Moonson Asia yang bergerak dari daratan Asia menuju wilayah Australia. "Seminggu ke depan lebih didominasi panas. Potensi panas didorong oleh angin Moonson Asia berjalan ke Australia," ujar kasi Data dan Informasi BMG Hang Nadim Batam, Sunarto kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan, curah hujan di Batam baru akan normal kembali diperkirakan pada awal Bulan Februari mendatang.
Melalui pemantauan dari satelit BMG Hang Nadim Batam menunjukkan, intensitas angin baru akan sedikit mereda dalam kurun waktu seminggu ke depan, akan tetapi melemahnya hanya terjadi secara periodik.

"Konsentrasi awan penghasil hujan terbawa angin. Makanya curah hujan jadi menurun dari keadaan normal. Dan awal Februari mendatang diprediksi akan hujan kembali,” ungkap Sunarto.

Lebih jauh ia menyebutkan, tinggi gelombang di perairan Batam dan Kepri umumnya saat ini juga mulai normal kembali. Perairan Natuna misalnya, yang tadinya tinggi gelombang berbahaya bagi pelayaran, yakni mencapai lima sampai lima setengah meter, saat ini menurun menjadi dua sampai tiga meter saja. Kendati begitu para nelayan dan kapal kecil diimbau untuk tetap waspada.(sm/ed)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar