Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 08 Januari 2010

Janji Teruskan Program New Single Window

Jumat, 08 Januari 2010 (sumber Batam Pos,klik versi asli)

Thomas Sugijata, Dirjen Baru Bea Cukai

Kemampuannya melakukan reformasi birokrasi, membuat Thomas Sugijata dipilih menjadi bos baru Dirjen Bea Cukai Departemen Keuangan. Dia menggantikan Anwar Suprijadi.

Usai dilantik Menteri Keuangan Sri Mulyani, Thomas berjanji akan meneruskan reformasi birokrasi yang sebelumnya telah berjalan.

”Program reformasi ini harus terus dilakukan sebagai upaya melakukan perbaikan berkelanjutan dari sisi reformasi birokrasi,” ujarnya usai pelantikan sekaligus serah terima jabatan Dirjen Bea dan Cukai di Jakarta, pekan lalu.

Thomas menilai, evaluasi dalam rangka mempertahankan reformasi juga akan dilakukan, untuk mengetahui berbagai hal yang masih kurang dan memperbaiki hal positif yang perlu dipertahankan.

”Yang akan kita lakukan pertama adalah menyelesaikan kantor-kantor yang belum memperoleh program reformasi dengan merevitalisasi kantor itu dari sisi organisasi, sistem dan prosedur dari SDM,” kata Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) dan penyandang gelar master manajemen dari Universitas Diponegoro ini.

Selain itu, reformasi birokrasi dilakukan melalui inovasi pengembangan kinerja pelayanan. Contohnya antara lain terkait pelaksanaan New Single Window.

”Kemudian, risk management yang harus dikembangkan melalui pemrosesan informasi dengan pengembangan teknologi informasi,” ujar pria kelahiran Yogyakarta, 21 Juni 1951 ini.

Menurutnya, kinerja Bea Cukai saat ini perlu didukung dengan semua lini, termasuk penambahan karyawan. Menurutnya, tambahan personel untuk pengamanan belum bisa dilakukan karena terbentur keterbatasan pegawai.

”Kita dalam dua tahun terakhir mengalami pertumbuhan personel yang minus, dari 11 ribu pada 2007 saat ini tinggal 10.600,” curhat Thomas. Jumlah ini masih jauh dari memadai, mengingat Indonesia adalah negara yang sangat besar. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar