Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 11 Januari 2010

WNA Lewat Batam Capai 1.020.947 Orang

Senin, 11 Januari 2010 (sumber Sijori Mandiri,klik versi asli)
BATAM CENTRE- Warga Negara Asing (WNA) yang kembali ke negara asalnya melalui Batam pada periode 2009 mencapai 1.020.947 orang. Jumlah ini melebihi dari kedatangan mereka yakni 1.020.140 orang atau selisih 807 orang.
"Arus kedatangan dan keberangkatan WNA dari Batam ini merupakan gambaran positif bagi Batam karena cukup banyak WNA yang memanfaatkan Batam sebagai pintu keluar untuk ke negaranya dari Indonesia,"ujar Yudi Kurniadi, Plh Kepala Imigrasi Batam, Minggu (10/1).

Dipilihnya Batam sebagai pintu keluar jelas membawa banyak manfaat bagi Batam, terutama dalam aktivitas dunia ekonomi dan perdagangan, meingkatkan pendapatan pajak pelabuhan laut dan udara serta visa perjalanan.

Menurutnya, di Batam ada lima pelabuhan feri yang bisa dijadikan pintu resmi keluarnya WNA. Pelabuhan itu diantaranya Batam Centre, Sekupang, Nongsa, Marina, Kabil dan Harbour Bay. Selanjutnya, juga ada satu bandara internasional (Bandara Hang Nadim) yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan kedatangan dan keberangkatan WNA.

Lebih lanjut dikatakannya, semakin banyak pelabuhan yang memiliki layananan internasional juga berdampak pada arus kedatangan dan keberagkatan WNA. Jika pelabuhan resmi bertambah, di bawah pengelolaan administrator pelabuhan (Adpel) outlet Imigrasi dengan sendirinya otomatis juga bertambah.

"Makin banyak pengawasan Imigrasi bersama pihak terkait lainnya di Batam, maka pengawasan lalulintas orang asing akan bertambah baik,"tuturnya.(sm/rl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar