Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 13 Januari 2010

OB Bagikan Bibit Pohon Gratis

Selasa, 12 Januari 2010 (sumber Sijori Mandiri,versi asli)
BATAM CENTRE - Mendukung program Batam hijau, pihak Otorita Batam (OB) melakukan penghijauan di sejumlah ruas jalan termasuk di hutan yang mulai gundul. Pada 2008 lalu, jumlah bibit pohon yang ditanam dan disalurkan ke masyarakat sekitar 10.000 bibit dari berbagai jenis.
Kasubdit Penghijauan dan Estetika OB, Januar mengatakan, tahun 2010 ini, jumlah pohon yang disediakan lebih dari 10.000 batang. Sistemnya tetap mengutamakan penanaman pohon di tepi jalan sambil merawat bunga atau pohon yang ada.

"Sambil memotong bunga, membersihkan tanam, menyiram tanam, kita juga langsung menanam lahan yang kosong. Kalau ada tanaman yang sudah mati, kita ganti. Begitu juga dengan Pemko, mereka juga ada bagian-bagiannya," ujarnya kepada wartawan di Gedung DPRD Batam, kemarin.

Selain menanam pohon, OB juga memberikan bibit-bibit pohon kepada siapa saja yang mau menanamnya. Misalnya, jika ada pihak kecamatan yang mau menggelar gotong royong dan menanamnya, akan diberikan secara cuma-cuma.

"Kalau ada kelompok masyarakat, siswa, LSM, mahasiswa dan lainnnya yang mau menanam pohon, bisa diminta sama kita. Akan diberikan gratis. Namun, bukan kita yang menggali lobangnya. Kita hanya menyerahkan bibitnya saja," jelasnya.

Dari sekitar 415 kilometer persegi atau sekitar 40 persen diantaranya digunakan untuk pengembangan industri, perumahan, pusat perbelanjaan, jalan, taman, sekolah, tempat ibadah dan lainnya. Sisanya untuk hutan lindung dan Dam.

Dari jumlah itu, sekitar 60 persen adalah daerah penghijauan. Jadi, jumlah pohon yang dibutuhkan untuk Batam sangat banyak dan harus dilakukan bertahap. Ditanya, kapan Batam akan hijau, Januar mengatakan tergantung kesadaran masyarakat.(sm/ik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar