Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 25 Januari 2010

Jalan Tanjunguncang Lebih Bersih

Minggu, 24 Januari 2010 (sumber Batam Pos,versi asli)

TANJUNGUNCANG (BP) - Prasarana dan sarana transportasi (jalan, sistem transportasi, alat angkutan) kota yang baik dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan ekonomi perkotaan. Kota-kota yang memiliki inftastruktur yang baik akan dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi sektor industri dan komersial.

Tersedianya prasarana jalan yang baik akan meningkatkan daya saing suatu kota. Keunggulan suatu kota akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat di kota tersebut. Sejalan dengan hal ini, Otorita Batam melalui bidang pemeliharaan jalan juga melakukan pemeliharaan jalan di sepanjang jalan Tanjunguncang.

"Ini kegiatan rutin mas, sekaligus juga tak terlepas dari menyukseskan Visit Batam 2010," ujar Mangil, 50, salah seorang petugas pemeliharaan jalan yang ditemui saat membersihkan jalan di Tanjunguncang, Rabu (20/1).

Pria tersebut terlihat berkeringat. Baju warna orange yang dikenakannya pun sudah terlihat sedikit berubah warna lebih gelap karena basah akibat keringat di sekujur tubuhnya. Mangil, saat itu bekerja bersama 12 orang teman-temannya. Siang itu, mereka memang sedang sibuk melakukan cleaning disepanjang jalan di Tanjunguncang.

Mangil yang juga warga Dapur 12 ini tampak membersihkan drainase sedangkan teman-temannya yang lain membersihkan sisa semen yang terbuang secara tidak sengaja dan lengket di ruas jalan raya. "Kami sudah melakukan ini sejak beberapa minggu lalu. Hasilnya, lumayan jalan menjadi lebih bersih," ujarnya.

Menurut pekerja lainnya Sadi, warga Batuaji ini juga mengungkapkan proses pemeliharaan itu tak bisa cepat selesai, karena memang banyak jalan yang perlu dibersihkan dari semen. Parahnya, drainasenya banyak tertutup tanah dan batu. Ia mengatakan tertutup drainase merupakan salah satu penyebab cepatnya jalan rusak, karena air menjadi tergenang di badan jalan dan memperpendek umur jalan.

"Drainase di sepanjang jalan di Tanjunguncang ini tadi sudah kita bersihkan, sampah-sampah cukup banyak," katanya.

Melihat kondisi tersebut, ia berharap kedepannya masyarakat mulai sadar untuk menjaga lingkungannya tetap bersih dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. "Kalau sampah dibuang pada tempatnya, kerjaan kita juga kan jadi lancar, dan saat membersihkan bisa cepat karena sampahnya tidak banyak," ujarnya sembari tersenyum. (ray)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar