Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 17 Maret 2010

Wakil Wali Kota Siapkan Sanksi





Written by Redaksi ,
Wednesday, 17 March 2010 08:08 (sumber Batam Pos,versi asli)

Tuding Pengembang Penyebab Banjir

BATAM CENTRE (BP) – Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika mengaku gerah dengan ulah para pengembang yang diduga sering menjadi penyebab datangnya bencana banjir.

Untuk itu, Ria menyiapkan sejumlah sanksi bagi pengembang yang kedapatan lalai, atau sengaja tidak mengindahkan dampak lingkungan dari aktivitas pembangunan yang dilakukan. ”Kami akan melakukan koordinasi untuk memantau di lapangan. Kalau memang ada pelanggaran langsung kita tindak,” kata Ria, Selasa (16/3).

Orang nomor dua di Pemko Batam ini menjelaskan, jajarannya sering meninjau langsung di tempat-tempat yang rawan banjir di Batam. Hasilnya, kata dia, frekuensi dan intensitas banjir di Batam terus meningkat dari tahun ke tahun. Parahnya lagi, kondisi ini merupakan dampak dari pembangunan yang dilakukan oleh para pengembang. Khususnya para pengembang yang tidak memperhatikan lingkungan di sekitar lokasi proyek.

Misalnya tidak menyiapkan drainase yang cukup. ”Banjir di Batam sebagian disebabkan oleh aktivitas cut and fill para pengembang yang tidak dibarengi dengan perencanaan yang matang,” katanya. Meski begitu, kata Ria, pemerintah juga tetap berupaya melakukan program-program penanggulangan banjir dengan memperbaiki dan membangun infrastruktur pendukung.

Khusunya di titik-titik yang rawan banjir, seperti di Batuaji, Tembesi dan lain sebagainya. Ria juga mengimbau supaya masyarakat juga peduli dengan melakukan antisipasi sejak awal. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama saat musim penghujan sekarang ini. (par)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar