Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 31 Maret 2010

BBK Harus Terapkan Standar HSE

Selasa, 30 Maret 2010 (sumber Sijori Mandiri,versi asli)
NAGOYA- Batam, Bintan, dan Karimun (BBK) yang telah ditetapkan sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (free trade zone/FTZ), seyogyanya harus segera menerapkan standar kesehatan, keselamatan dan lingkungan (health, safety and environment/HSE). Tujuannya, agar pekerja yang bekerja di sebuah perusahaan, mendapatkan jaminan dari tiga hal di atas.

Pentingnya penerapan HSE itu, disampaikan oleh Ketua Kadin Batam Nada Faza Soraya dalam acara sosialisasi pentingnya penerapan HSE di Setiap Perusahaan yang diselenggarakan di i Hotel, Jumat (20/6).

Menurut Nada, kondisi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia saat ini, jika dikaitkan dengan standar HSE, masih sangat memprihatinkan. Banyak perusahaan-perusahaan yang tidak begitu memperdulikan hal-hal terkait HSE.

Padahal dengan adanya penerapan standar HSE, jelas tidak hanya menguntungkan para pekerja karena kesehatan, dan keselamatannya lebih terjamin, tapi perusahaan itu sendiri akan mendapat keuntungan.

"Kalau perusahaan sehat maka karyawannya pun ikut sehat,," ujar Nada.

Nada berharap dengan adanya sosialisasi tersebut semua peserta yang juga merupakan anggota Kadin Batam bisa segera menerapkan standar HSE ini.

"Pemerintah juga diharapkan mengiplementasikan standar HSE tersebut kepada perusahaan-perusahaan yang ada," ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut Kadin Batam bekerjasama dengan Elliott Associates PTE LTD. Sebuah konsultan yang berpusat di Singapura yang memiliki kosentrasi terhadap penerapan standar HSE di perusahaan-perusahaan.

Vice Director Elliott Associates PTE LTD, Raflin.P.Lubis MSc mengatakan, secara umum perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia belum begitu memperhatikan permasalahan HSE.

"Perusahaan yang paling berisiko itu adalah perusahaan-perusahaan galangan kapal," kata Raflin.

Untuk Indonesia sendiri, Raflin menyebutkan beberapa perusahaan telah menjadi kliennya. Namun layanan terbesar ada pada perusahaan energi dan pelayaran.(sm/vi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar