Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 05 Maret 2010

JK: EFESIENSI BIAYA SOLUSI HADAPI CAFTA

Batam, 4/3 (ANTARA) - Mantan Wakil Presiden yang juga pengusaha Jusuf Kalla mengatakan untuk memenangkan persaingan pasca perjanjian perdagangan bebas China-Asean atau China-Asean Free Trade Agreement (CAFTA) maka diperlukan efisiensi biaya produksi.

Menurut dia di Batam, Kamis efisiensi biaya lebih diperlukan untuk memenangkan persaingan dalam CAFTA, ketimbang proteksi produksi dalam negeri.

"Sudah tidak jamannya lagi proteksi, yang dibutuhkan adalah efisiensi," katanya.

Selain itu, untuk mendorong dunia usaha agar dapat bersaing dalam era CAFTA, maka pemerintah juga harus membantu dengan memberikan bunga pinjaman murah serta memperbaiki infrastruktur kelistrikan.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Erwin Aksa mengatakan pemerintah perlu membuat kebijakan yang pro pengusaha nasional.

"Kita sudah memasuki era China-Asean FTA, sehingga perlu kebijakan pemerintah yang berpihak kepada pengusaha," katanya.

Menurut dia, salah satu langkah konkrit menghadapi persaingan CAFTA adalah soal pengadaan barang dan jasa dengan penggunaan produk dalam negeri.

"Perlu kebijakan berupa Keputusan Menteri dan Keputusan Presiden terkait keberpihakan pada penggunaan produk dalam negeri," ujarnya.

Menurut dia, keputusan tersebut tidak hanya barang ekspor barang mentah tetapi juga barang jadi.

Ia menambahkan, pemerintah juga harus mempercepat pembangunan infrastruktur.

(T.Y011/B/S025/B/S025) 04-03-2010 19:44:27 NNNN





Copyright © ANTARA

Disclaimer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar