Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 22 Maret 2010

Pelayaran Diminta Waspada





Written by Redaksi ,
Monday, 22 March 2010 08:24 9sumber Batam Pos,versi asli)

Kondisi cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini, membuat kantor pelabuhan Telagapunggur menginstruksikan seluruh operator pelayaran agar waspada.

”Khusus angkutan laut penumpang agar lebih waspada, mengingat saat ini musim pancaroba, dimana angin utara belum stabil,” ujar Kepala Kantor Pelabuhan Telagapunggur, Erwin, kepada wartawan, Minggu (21/3).

Erwin menyebut pada saat kondisi hujan deras disertai angin kencang dapat membuat jarak pandang nahkoda kapal sangat terbatas. Situasi seperti itu dapat membahayakan keselamatan para penumpang. ”Kalau memang kondisi cuaca tidak memungkinkan seperti hujan lebat disertai dengan angin kencang, sebaiknya jangan berlayar dahulu,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya baru akan memberikan izin berlayar kepada operator angkutan laut apabila cuaca tidak begitu berbahaya. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya juga meminta operator agar mengecek perlengkapan keselamatan penumpang seperti baju pelampung (life jacket). ”Kita tak akan beri izin bila perlengkapan tak terpenuhi,” tegas Erwin.

Dari pantauan di lapangan, jumlah penumpang mengalami penurunan. Berkurangnya jumlah penumpang ini disebabkan masyarakat terutama yang memiliki anak yang akan mengikuti ujian nasional (UN), Senin (22/3) hari ini.

”Sekarang tujuan Batam-Pinang sepi mas. Usai UN mungkin akan padat lagi,” ujar Santi, petugas tiketing MV Baruna, kemarin. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar