Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 01 Juni 2012

Rp14,7 M untuk Upgrade Hang Nadim

BATAM (HK) - Meningkatkan fasilitas dan keamanan penerbangan, Badan Pengusaha (BP) Batam meng-upgrade sejumlah fasilitas yang menelan anggaran sekitar Rp14,7 miliar.

"Tahun ini ada 10 proyek pengadaan yang dilakukan di bandara Hang Nadim," kata Ilham Eka Hartawan, Kasudbit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP Batam), Kamis (31/5).

Hingga saat ini, dari 10 proyek, sudah tujuh pengadaan yang telah selesai lelang dengan nilai Rp14,7 miliar. Untuk tiga pengadaan lainnya, masih dalam proses lelang sehingga besar anggaranya belum diketahuai.

Menurutnya, ada beberapa fasilitas yang dimiliki sudah ketinggalan zaman teknologinya, terakhir diadakan pada tahun 1996 lalu. Sehingga sudah harus diperbaharui untuk menunjang aktifitas bandara Hang Nadim Batam.

Adapun fasilitas proyek pengadaan yang dilakukan pada tahun ini adalah, pengadaan Aero Web Met senilai Rp2,5 miliar, serta peralatan x-ray baggage yang digunakan untuk meningkatkan keaman di terminal penumpang sebanyak satu unit senilai Rp399 juta, selanjutnya adalah pengadaan dan pemasangan AC Cassete ruang tunggu gedung terminal Rp509 juta.

Dan pengadaan lainnya yang sudah selesai lelang adalah alat penyaring frekuensi Air Traffic Control (ATC) dengan pilot dan ATC yaitu direction fender nilai pengadaannya Rp1,8 miliar.

Selanjutnya, peralatan Aeronautical Data Processing System (ADPS) Rp3,8 miliar, rekondisi peralatan radar cuaca Rp2,6 miliar.

"Kita juga melakukan pembangunan dan perbaikan perimetri pagar bandara yang sudah rusak karena termakan usia dengan anggaran Rp2,8 miliar," ungkapnya.

Kata Ilham, untuk pengadaan barang yang belum dilaksanakan lelang adalah, peralatan Automatic Message Switching Center (AMSC), Roughtness dan friction runway (Rubber Deposit), dan pembangunan fix gangway dan pengadaan garbarata terminal. Untuk nilainya belum diketahui.

"Untuk pengadaan garbarata terminal pada tahun ini terlebih dahulu untuk pesawat yang berukuran besar," ungkapnya.

Untuk pesawat ukurang kecil, akan diprogramkan pada pengadaan selanjutnya. Dan untuk kapasitas penumpang yang ada saat ini bisa menampung hingga 5.500 orang. Namun, hingga saat ini untuk penumpang yang in out baru 3.800 orang saja jadi masih memadai. ***(Juang, Batam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar