Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 28 Juni 2012

BP Batam – LSN amankan naskah rahasia negara

Oleh chandra gunawan on Jun 27th, 2012 (Sumber : Bisnis Kepri)

BATAM (BisnisKepri.com): Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) menggandeng Lembaga Sandi Negara RI untuk mengamankan informasi dan Tata Naskah Rahasia Negara BP Batam.
Untuk implementasinya pun, BP Batam dan Lembaga Sandi Negara mengadakan kegiatan pelatihan mengenai keamanan Sistem Informasi dan Tata Naskah Dinas Rahasia yang diselenggarakan di Gedung IT Centre BP Batam di Batam Center pada hari Selasa dan berakhir pada Rabu, 26-28 Juni 2012. Pelatihan ini diikuti sekitar 40 orang peserta dari karyawan-karyawati  BP Batam.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BP Batam Ir. Mustofa Widjaja didampingi oleh Wakil Kepala dan para Deputi serta para Direktur di lingkungan BP Batam. Pelatihan Keamanan Sistem Informasi dan Tata Naskah Dinas Rahasia dipandu langsung oleh Kepala Sandi Negara Mayjend Dr. Joko Setiadi, Msi dari Jakarta.
Kepala BP Batam Mustofa Widjaja mengatakan Lembaga Sandi Negara telah banyak memberikan asistensi terutama yang berkaitan dengan keamanan data.
“Lembaga Sandi memberi asistensi dalam keamanan penggunaan IT yang sedang dikembangkan melalui program e-government maupun Data Centre,” ujarnya hari ini.
Kepala Sandi Negara Joko Setiadi mengatakan bahwa dalam pengamanan informasi negara kuncinya adalah individu masing-masing dalam instansi BP Batam harus dapat membedakan informasi yang boleh disampaikan dan informasi yang tidak boleh disampaikan ke publik.
“Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan karyawan-karyawati BP Batam dapat membedakan informasi yang boleh disampaikan dan informasi yang tidak boleh disampaikan,” kata dia.
Tujuan BP Batam mengadakan kegiatan ini adalah untuk menjaga IT sebagai asset BP Batam dari serangan luar dan dari dalam. Selain itu juga untuk menjaga perilaku yang memungkinkan terjadinya kebocoran keamanan informasi dan dokumen penting.
Materi yang diberikan pada pelatihan berupa mengenai Infosec, Rahasia Negara dan Rahasia Instansi, Pengamanan Naskah Dinas, Pengamanan Personil (SDM Informasi dan Security Clearance).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar