Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 08 Juni 2012

BP Batam Ikut Simpan Data Penduduk RI


Oleh adminkepri on Jun 7th, 2012 (Sumber : Bisnis Kepri)

BATAM (BisnisKepri.com): Server teknologi informasi (TI) milik Badan Pengusahaan (BP) Batam ikut digunakan menjadi sarana penyimpan database penduduk Indonesia dalam implementasi KTP elektronik (e-KTP).
Donald Panjaitan, Kepala Kantor Pusat Pengolahan Data dan Sistem Informasi BP Batam mengungkapkan server TI BP Batam juga digunakan sebagai back-up e-KTP untuk mengantisipasi jika ada gangguan di server utama di Jakarta.

Dengan begitu, katanya, proses pembuatan e-KTP dan dokumentasi masih bisa diakses dengan adanya back-up e-KTP di server TI BP Batam tersebut.
“Server utama e-KTP ada di Jakarta, tapi back up nya ada disini (BP Batam). Jadi jika disana down, disini akan aktif. Sehingga e-KTP nasional tidak akan berhenti,” jelasnya, Kamis 7 Juni 2012.
Menurut Donald, back up atau data recovery centre (DRC) ini merupakan salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan masyarakat di Pusat Pengolahan Data (PPD) BP Batam selain server utama untuk menyimpan data dalam jumlah yang besar.
Untuk penyimpanan data e-KTP, PPD BP Batam menyediakan sebanyak 15 rak dimana rak-rak itu nantinya yang akan menyimpan data perekaman e-KTP di seluruh Indonesia.
“Pemanfaatan data center ini lebih eektif dan murah, dibandingkan dengan menggunakan jasa penyimpanan data di negara luar seperti Singapura,” katanya.
Ketua BP Batam, Mustofa Widjaya menyebutkan, pemerintah pusat telah memilih BP Batam sebagai pilot project data center di Indonesia.
Hal itu mengingat IT merupakan sektor yang sangat dinamis dan memiliki perkembangan yang tinggi.
“Dengan adanya fasilitas data center ini, kita berharap Batam terus menjadi kawasan yang menarik yang didukung infrastruktur IT,” katanya.(K59)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar