Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 12 Juni 2012

PTSP Belum Maksimal, Investasi Terlambat

 Selasa 12 Juni 2012 (sumber Haluan Kepri)

JAKARTA (IIK) - Bank Dunia. (World Bank) melalui anak usahanya yakni International Finance Corporation (IFC) memberikan beberapa alasan masih sulitnya mengurus perizinan bagi investor yang ingin berinvestasi di Indonesia.
Peran Pelayanan Terpadu  Satu Pintu (PTSP) dianggap belum maksimal sehingga permasalahan pokok yang dihadapi penanam modal dalam memulai usaha di Indonesia belum terselesaikan.
"PTSP itu perannya belum begitu maksimal. Dimana ada juga salah satunya kewenangannya diambil alih tingkat dinas. Harusnya PTSP diberikan kewenangan lebih untuk mendapatkan izin perusahaan maupun investor yang ingin berinvestasi," papar Operation Investment Climate IFC, Sandra pranoto
.di Gedung Permata Kuningan Jakarta, senin (11/6).

Dijelaskan Sandra, ada hal lain yang menjadi  masalah pengusaha susah berinvestasi. Adalah tumpang tindihnya aturan pemerintah pusat dan aturan pemerintah daerah.

Misalnya saja penerapan perizinan dengan SIUP dimana di pusat sudah membebaskan
iuran atau tidak perlu ada pembayaran apapun namun berbeda dengan pemerintah daerah yang ternyata diperlakukan pembayaran untuk kepentingan lain tegas Sandra.

Sementara itu, Asisten Pelayanan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Edi Santoni mengatakan masih ada kelemahan PTSP selain kewenaagan tadi  Yakni yang kedua adalah masalah pendeIegasian. Selama ini masih 16 persen wilayah yang belum ada PTSP, oleh karena
itu akan kami kembangkan," tuturnya. (dtc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar