Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 18 Juni 2012

Batam Butuh Mobil Damkar Multifungsi

BATAM CENTRE (HK) -- Kebutuhan mobil pemadam kebakaran (damkar) multifungsi di Batam sangat dibutuhkan untuk mendukung penanggulangan bahaya kebakaran (PBK). Terutama untuk melindungi industri-industri yang memiliki kandungan bahan kimia.

Kasubdit PBK BP Batam, Gunadi menyatakan, kebutuhan ketersediaan mobil damkar multifungsi ini akan diajukan ke pemerintah pusat. Yang diharapkan dapat disetujui dan dianggarkan bagi pengadaan mobil pemadam kebakaran multifungsi beserta sarana dan prasarana pendukung pada 2013 mendatang.

"Kebutuhan mobil pemadam kebakaran multifungsi ini untuk memberikan proteksi dan jaminan keamanan yang lebih baik bagi investor," kata Gunadi, kemarin.

Gunadi menjelaskan, untuk mengoperasionalkan mobil damkar, PBK telah memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada para personelnya. Sehingga jika nantinya kebutuhan bagi PBK disetujui, para personil PBK BP Batam sudah siap untuk menjalankannya.

"Dari sisi SDM kita sudah siap, sudah memberikan pelatihan kepada para personil," jelasnya.

Menurut Gunadi, kebakaran menjadi momok tersendiri untuk sebuah industri, bangunan atau bahkan nyawa manusia sekalipun. Terlebih lagi, kini banyak industri yang ada bahan-bahan kimia di dalamnya yang sangat rawan serta memerlukan penanganan khusus jika terjadi kebakaran.

Pengetahuan dan ketrampilan diberikan kepada personil agar mampu melakukan penanganan kebakaran secara khusus. Sebagai upaya dalam mewujudkan personel yang memiliki ketrampilan, profesional dan handal.

"Pelatihan bagi peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam penanganan bahaya kebakaran secara khusus diberikan oleh instruktur dari UPT Pusdiklatkar dan PB Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta", ungkapnya.

Pelatihan dilaksanakan dengan cara in house training yang menggunakan metode tutorial dengan pendekatan proses belajar orang dewasa (Andragogi). Melalui penyampaian materi pelatihan dan praktek lapangan, peserta diharapkan dapat memahami konsep-konsep dasar manajemen penanggulangan bahaya kebakaran. Serta mampu meningkatkan keterampilan dan kemampuan di bidang operasi penanggulangan kebakaran, menguasai dan mempraktekkan teknik dan taktis penanggulangan bahaya kebakaran. (wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar