Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 13 Oktober 2011

Batam Kekurangan 29 Pos Damkar

12 Oktober 2011 (Sumber Batam pos)
 
Berdasarkan Rencana Induk Sistem Proteksi Kebakaran (RISPK) Kementerian Pekerjaan Umum, Batam membutuhkan 36 pos Pemadam Kebakaran (Damkar). Namun saat ini di Batam baru ada tujuh pos Damkar. ”Idealnya Batam punya 36 pos Damkar. Itu berdasarkan kajian dari pusat,” kata Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman, Senin (10/10).
Azman merinci, dari tujuh pos Damkar yang ada saat ini terdiri dari 2 Pos Damkar milik Pemko Batam, 5 Pos Damkar milik Badan Pengusahaan (BP) Batam dan ditambah 1 Pos Damkar Induk di Panbil, Mukakuning.
Kata Azman, pada tahun 2012, Kantor Pemadam Kebakaran Pemko Batam akan menganggarkan pembelian mobil pemadam kebakaran sebanyak empat unit. ”Penambahan kita lakukan secara bertahap. Tahun 2012 paling tidak dua unit mobil tangki kapasitas 2.500 liter,” kata dia.
Azman juga mengaku, kantor Damkar masih kekurangan personil. Idealnya, minimalnya petugas Damkar sebanyak 150 orang. Selama ini, Kantor Damkar pemko Batam banyak mendapat bantuan dari anggota Satpol PP dan mutasi petugas PBK BP.
Meski jumlah pos Damkar masih jauh dari angka ideal, Azman mengklaim selama ini tidak ada kendala dalam penanganan kebakaran di Batam. Sebab, kata dia, Pemko selalu berkoordinasi dengan BP Batam. ”Kami juga berbagi wilayah, sehingga penanganan kebakaran dapat dilakukan secara cepat dan tepat,” kata Azman.
Untuk diketahui, lima pos Damkar milik BP Batam antara lain di Batuampar, Sagulung, Kabil, Nongsa dan Sekupang. Sedangkan Pos Damkar milik Pemko Batam di Seipanas dan di Tembesi yang baru diresmikan, Senin (10/10) kemarin.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar