Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 03 Oktober 2011

Tarif ATB Naik Mulai Hari Ini

Batam Center, Jumat (30/9/2011). ATB
menaikkan tarif sebesar 5 persen per 1 Oktober 2011. (sumber Batam Pos)
Mulai hari ini, Sabtu (1/10), ATB resmi menaikkan tarif air bersih  sebesar 5 persen. Keputusan ini tertuang dalam Peraturan Ketua BP Batam Nomor 9  Tahun 2011.
Kepala Seksi Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dendi Gustinandar, mengatakan  tarif baru ATB itu berlaku per 1 Oktober untuk tagihan November 2011. Kenaikan 5 persen  ini turun dari 6,5 persen yang direncanakan sebelumnya.
“Setelah mendengar aspirasi masyarakat, akhirnya kami memutuskan tarif naik rata-rata 5  persen,” kata Dendi.
Dendi berdalih, kenaikan tarif tersebut merupakan konsekuensi dari upaya ATB dalam  menjaga dan meningkatkan pelayanan air bersih kepada pelanggan.
Dendi menambahkan, seiring dengan terus meningkatnya jumlah penduduk di Kota Batam,  ATB dan BP Batam berkepentingan untuk menjaga kuantitas, keberlangsungan dan  kualitas air bersih di Kota Batam. Selain itu, kenaikan tarif kali ini juga bertujuan untuk  mengurangi kawasan krisis air (stress area) yang tersebar di beberapa titik di Kota Batam.
“Saat ini masih ada beberapa wilayah yang belum bisa menikmati layanan air bersih secara  maksimal. Ke depan kami akan berupaya mengurangi stress area tersebut,” kata Dendi.
BP Batam sendiri, kata Dendi, telah menyampaikan surat keputusan terbaru tersebut  kepada Wali Kota Batam dan DPRD Batam. Dendi tak ingat persis kapan surat edaran  tersebut dikirim. Namun yang jelas sebelum Hari Raya Idul Fitri 1432 H atau awal  September lalu.
Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Batam, Jahuin Hutajulu, mengaku belum pernah penerima  surat edaran tarif baru ATB tersebut. Sehingga Jahuin enggan berkomentar banyak ketika  ditanya soal kenaikan tarif ATB yang mulai berlaku pada hari ini.
“Kami tidak tahu, yang pasti kami belum menyetujui kenaikan tarif,” kata Jahuin, kemarin.
Jahuin hanya berjanji akan kembali memanggil ATB dan BP Batam untuk hearing jika tarif  ATB tetap naik. Jahuin juga membantah adanya rumor suap dari BP Batam kepada Komisi  III terkait rencana kenaikan tersebut.
“Saya komitmen, kalau terima suap tak mungkin saya terus bilang menolak kenaikan tarif.  Itu namanya tidak etis,” ujar Jahuin.
Manager Corporate Communication ATB, Enriqo Moreno Ginting, mengatakan, penerapan  tarif baru itu dilakukan pada 1 Oktober, hari ini.
“Besok (hari ini,red) mulai dihitung tarif baru. Tapi pembayarannya mulai bulan November  nanti,” ujar Enriqo kepada wartawan kemarin. (par/spt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar