Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 26 Oktober 2011

Dishub Pungut Sendiri Donasi

 (sumber Batam Pos) 26 Oktober 2011
Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Zulhendri, mengatakan ada tiga opsi yang ditempuh Pemko Batam dalam memungut donasi pelabuhan. Tiga opsi itu di antaranya memungut sendiri, menitipkan ke pengelola pelabuhan dan menitipkan lewat shipping agent dan airlines.

”Untuk pelabuhan internasional, kita memilih memakai opsi ketiga dan kita mendapat informasi shipping agent meminta persetujuan kepada manajemen mereka di Singapura. Kalau bandara, kita memakai opsi pertama, dan tengah menunggu surat dari airlines. Jika sudah oke, kita bisa melaksanakannya,” kata Zulhendri, Selasa (25/10).
Dalam kurun tiga bulan di akhir tahun 2011, Dishub menargetkan meraup Rp7 miliar dari potensi donasi Rp17 miliar. ”Target kita tiga bulan ini sebesar Rp7 miliar, dan ingat target itu sifatnya target pesimis. Kalau donasi berjalan efektif maka penerimaan bisa mencapai Rp17 miliar,” ujarnya.
Dia mengatakan, soal pembagian pendapatan hal itu sesuai aturan yang berlaku. Namun, khusus untuk pungutan ini dipastikan tidak memakai sistem fee. ”Jadi ada honor untuk petugas. Nanti standarnya harga barang dan jasa,” ungkapnya.
Menurut Zulhendri, besaran donasi di pelabuhan internasional mencapai 2 dolar Singapura. Besaran donasi itu setelah melalui SK perubahan dari sebelumnya sebesar Rp15 ribu. Perubahan besaran donasi juga terjadi di pelabuhan Domestik dari Rp3.000 menjadi Rp1.000. Sementara donasi di bandara tetap Rp15 ribu. (hda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar