Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 30 Juli 2013

Nama di Tiket Harus Sesuai KTP

CEK IN: Penumpang sedang cek in di Bandara Hang Nadim. F-zakmi/TANJUNGPINANG POS
CEK IN: Penumpang sedang cek in di Bandara Hang Nadim.
F-zakmi/TANJUNGPINANG POS

Tiket Pesawat Habis di Calo Masih Banyak
 
Batam – Padatnya arus mudik Lebaran sudah terlihat sejak awal bulan puasa. Untuk mengangkut pemudik dari Batam beberapa maskapai penerbangan sudah menambah armada keberangkatan. Meski saat ini sudah ada 57 penerbangan yang berangkat setiap harinya dari Bandara Hang Nadim Batam dengan total kapasitas 6000 penumpang, namun umumnya tiket pesawat di travel dan konter maskapai sudah habis.

Walau tiket pesawat sudah habis, namun calon penumpang yang ingin mudik masih saja bisa berangkat setelah merogoh kocek lebih dalam karena mendapat tiket dari calo yang banyak berkeliaran di bandara.
“Siapa bilang tiket habis, ponakan saya saja baru berangkat tadi pagi dari calo,” kata Mustofa, anggota Komisi III DPRD Kota Batam saat sidak bersama rombongan ke Bandara Hang Nadim, kemarin.

Menanggapi percaloan tiket di bandara, Kepala Bandara Hang Nadim Batam Suprasetio, mengaku pihaknya akan memberlakukan setiap nama yang tertera di tiket harus sama dengan nama penumpang.
”Ini akan diberlakukan untuk semua maskapai. Kita sudah menerapkan itu,” kata Suprasetyo.

Untuk mencegah percaloan, sambungnya, tidak mesti ada razia. ”Kami rasa dengan penerapan nama penumpang di tiket harus sama dengan nama yang tertera di KTP saja sudah sangat efektif,” kata Suprasetyo.

Untuk persiapan menghadapi mudik Lebaran, sambungnya, pihak Bandara Hang Nadim akan membuat tim sendiri yang poskonya ada di dalam. Sedangkan untuk posko gabungan akan ditempatkan di bagian pintu masuk.

”Bandara Hangnadim ini didesain mampu melayani penumpang 5-6 ribu per tahun, hingga dengan fix season saat ini yang jumlah penumpangnya masih sekitar 6 ribu, masih akan terlayani dengan lancar.

Diakui Suprasetyo, untuk genset yang tersedia, pihaknya hanya bisa memenuhi 50 persen dari kebutuhan listrik dan sangat bergantung dengan PLN agar memprioritaskan Bandara Hang Nadim sebagai salah satu objek fital.

Saat ini, sambungnya, ada penambahan penerbangan (extra flight) masing-masing Lion jurusan Surabaya, Citylink jurusan Padang dan Sky jurusan Tanjungkarang.

Sementara itu District Manager Sky Aviation Batam, Michel yang ditemui Tanjungpinang Pos mengaku pihaknya hanya melakukan extra flight untuk rute Batam-Tanjungkarang saja.

”Dulu tiga penerbangan ke Tanjungkarang dalam sepekan, namun sekarang sudah setiap hari. Jenis pesawat yang kita gunakan Sukhoi dan Boeing,” terangnya.

Hanya saja ketika ditanya tentang tiket yang tersisa, Michel mengaku semuanya sudah habis terjual.
”Rencana extra flight ini sudah sejak sebulan yang lalu kita publikasikan, hingga calon pemudik sudah booking tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan,” terangnya.

Rata-rata harga tiket terjual Rp860 ribu untuk kelas ekonomi dan Rp1 juta untuk kelas bisnis.(ZAKMI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar