Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 29 Juli 2013

Hang Nadim Siap Hadapi Arus Mudik


Minggu, 28 July 2013  (sumber : Haluan Kepri)

Batam (HK)-Bandara Internasional Hang Nadim Batam siap menghadapi lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik Idul Fitri 1434 H. Selain posko arus mudik dan balik, otoritas bandara juga mendirikan dua klinik kesehatan untuk melayani penumpang.

"Satu klinik dikelola oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKS) dan satu disiapkan khusus oleh pengelola Hang Nadim," kata Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim, Suwarso, Jumat (25/7).

Selain itu, kata Suwarso, juga akan disediakan satu ambulans untuk membantu penumpang yang mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan penanganan rumah sakit. "Beberapa perawat dan dokter juga disiagakan di Hang Nadim. Karena diperkirakan jumlah pemudik akan melonjak dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Suwarso mengatakan, pihak Hang Nadim bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti kepolisian, Dinas Perhubungan, Satpol PP juga mendirikan dua posko mudik di Hang Nadim Batam. "Posko akan efektif berlaku tujuh hari menjelang lebaran hingga tujuh hari setelah Lebaran," kata dia.

Otoritas Bandara Hang Nadim memperkirakan jumlah penumpang pesawat saat arus mudik tahun ini akan mengalami kenaikan sekitar 12,5 persen dibanding tahun 2012. Hal tersebut, kata Suwarso berdasarkan tren peningkatan penumpang dan jumlah penerbangan di Hang Nadim Batam sepanjang 2013.

Rata-rata penumpang pesawat saat masa Lebaran mencapai 6.500 sampai 6.700 orang per hari, sementara untuk mudik 2013 diperkirakan akan mencapai hampir 8.000 penumpang per hari. "Perkiraan penumpang tersebut juga berdasarkan lonjakan jumlah rute penerbangan dari Hang Nadim yang pada 2012 hanya 86 kali perhari. Sementara hingga saat ini sudah ada 112 kali penerbangan per hari," kata dia. (ant)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar