Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 26 September 2012

Transit Penerbangan Dipindahkan ke Padang, Hang Nadim Kehilangan Rp1,2 M

Rabu, 26 September 2012. Sumber: (Batam Pos)

Bandara Hang Nadim, Batam kehilangan pendapatan Rp1,2 miliar pada musim haji tahun 2012. Jika tahun 2011 pendapatan Bandara Rp4,2 miliar, tahun 2012 diperkirakan hanya sampai Rp3 miliar selama musim haji.

“Hal ini dikarenakan penerbangan haji dari Balik Papan, Solo dan Ujung Pandang, serta Banjarmasin yang sebelumnya transit di Bandara Hang Nadim, dialihkan ke Padang,” ujar Kabid Keuangan dan Umum Bandara Hang Nadim, Batam Suwarso, siang tadi.

Sehingga Bandara Hang Nadim Batam, pada tahun ini tidak memperoleh pemasukan transit pesawat dari embarkasi lain yang berjumlah 200 flight.  Hang Nadim hanya mendapatkan air port tax haji sebesar Rp3 miliar atau turun Rp1,2 miliar.

Pengalihan penerbangan tersebut, karena alasan managemen udara mereka berada dibawah Angkasa Pura. Sedangkan Batam, pengawasan udaranya berada di bawah Negara Singapura.

“Padahal, bandara kita lebih baik dibandingkan dengan Bandara di Padang,” tuturnya.
Hal tersebut tentu membuat Hang Nadim kecewa. Karena dana yang masuk ke Hang Nadim, juga disetorkan kepada negara.

“Walaupun ruang udaranya berada di bawah pengawasan Singapura,” tuturnya.
Ketika disinggung tentang upaya Hang Nadim untuk mendapatkan kembali transit pesawat haji, Suwarso mengatakan jika pihaknya akan melakukan perbaikan manajemen.
“Mudah-mudahan tahun yang akan datang transit haji akan kembali lagi ke Batam,” tuturnya.(hgt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar