Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 26 September 2012

Hang Nadim Lost Rp1,2 Miliar

Rabu, 26 September 2012. Sumber: (Haluan Kepri)

Akibat Pengalihan Transit Haji
BATAM (HK)- Penerimaan Bandara Hang Nadim Batam pada musim haji 2012 mengalami penurunan yang cukup drastis, yakni sebesar Rp1,2 miliar. Hal ini disebabkan pengalihan transit pesawat yang mengakut Jamaah Calon Haji (JCH) dari Batam ke Bandara Minangkabau, Padang.
Kepala Bagian Umum dan Keungan Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, untuk total penerimaan selama musim haji pada tahun 2012 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pada tahun ini penerimaan selama musim haji lost sekitar Rp1,2 miliar," ungkap Suwarso, Selasa (26/9).

Ia menjelaskan, terjadinya penurun tersebut dikarenakan pesawat yang biasanya transit melalui Bandara Hang Nadim Batam, untuk tahun ini beralih ke Bandara Minangkabau, Padang. Seperti penerbangan dari Banjarmasin, Ujungpandang dan Solo.

Berbeda pada tahun sebelum adanya pengalihan pengalihan, yakni tahun 2011. Pada tahun itu selama musim haji, pengelola Bandara Hang Nadim Batam bisa memperoleh pemasukan sebesar Rp4,2 miliar dari transit pesawat dan juga sebagai embarkasi.

"Pada tahun ini kita hanya mendapatkan pemasukan dari embarkasi saja. Untuk masalah transit, kmai lost Rp1,2 miliar. Dan ini di luar dari pembelian untuk bahan bakar pesawat," jelas Suwarso.

Pada tahun 2011 lalu, Bandara Hang Nadim Batam melayani transit pesawat dengan tipe 767 dan A330 yang mengangkut JCH. Rata-rata pesawat tersebut hanya singgah di bawah dua jam.

"Tahun ini kita memperkirakan dari hitung-hitungan kasar penerimaan selama musim haji sekitar Rp3,4 miliar. Ini belum selesai dan masih berjalan," jelasnya.

Alasan pemindahan transit pesawat ke Bandara Minangkabau, Padang, dikatakan Suwarso, ada beberapa faktor penyebab. Seperti fasilitas bandara, rute penerbangan dan fasilitas pesawat. Padahal untuk bandara dan sejumlah fasilitas lainnya Hang Nadim Batam dapat dikatakan cukup layak. (Cw57)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar