Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 18 September 2012

FTZ Kurang Berpengaruh

Senin, 17 September 2012. Sumber: ( Tanjungpinang Pos)
Tanpa Promosi yang Kuat
 
Penetapan Batam-Bintan-Karimun (BBK) menjadi kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas atau Free Trade Zone (FTZ) tidak akan berpengaruh banyak jika tidak disertai dengan promosi yang kuat.
Sebab, tujuan FTZ itu sendiri bukan hanya memberi kemudahan dalam berinvestasi. Namun, lebih penting lagi adalah menarik investor baru untuk menanamkan modal usahanya di BBK.

John Sulistiawan, anggota Dewan Ekonomi Provinsi Kepri, mengatakan, pemerintah maupun pengusaha di BBK tidak cukup waktu untuk mempromosikan BBK secara langsung di negara tujuan di mana ingin menarik investor.
”Biaya terlalu besar untuk promosi jika berangkat berkali-kali ke negara tujuan. Di sisi lain, kita harus tetap promosi. Tapi kita tahu APBD berapa? Tidak kuat untuk biaya promosi BBK. Makanya, cara lain harus dilakukan,” ujarnya belum lama ini.
Misalnya, kata dia, jika melakukan promosi di satu negara, tentu akan menyewa stan atau tempat, biaya ongkos, hotel, makan, minum, dan lainnya.
”Kita pergi ke sana belum tentu langsung dapat hasil. Kita ini menjual jasa dengan kemudahannya. Orang (calon investor) tidak mungkin langsung mau. Prosesnya untuk jadi berinvestasi cukup panjang. Banyak yang harus kita jelaskan lagi. Kunjungan lagi ke tempat kita, kemudian barulah ada aplikasi,” jelasnya.
Untuk itu, selain promosi dari dewan ekonomi Kepri dan juga Dewan Kawasan dalam hal ini Gubernur dan Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam yang ada, harus benar-benar digandeng duta besar yang ada.
”Kedutaan sangat cocok membantu promosi kita. Karena memang mereka sehari-harinya bekerja di satu negara itu. Kedutaan tentunya harus tahu secara detail tentang BBK ini. Sehingga, kita dengan kedutaan bisa sinkron,” tambahnya.
Promosi yang tepat dan gencar, kata John, harus terus dilakukan mengingat persaingan kawasan industri yang terus booming saat ini di sejumlah negara lain. Selain itu, semua elemen di BBK harus sepaham dalam memberi kenyamanan bagi para investor maupun calon investor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar