Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 19 September 2012

Hari Ini, 114 JCH Tiba di Batam


Rabu, 19 September 2012. Sumber: (Batam Pos
BATAM KOTA (BP) – Para Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Batam akan tiba hari ini di Asrama Haji. JCH dari Lingga akan datang lewat Pelabuhan Punggur, sedangkan JCH Natuna dan Anambas masuk lewat Bandara Hang Nadim.
“Insya Allah semuanya sudah siap. Hanya ada beberapa sektor yang harus kami terus pantau, di antaranya katering dan transportasi. Karena kedua bagian itu yang paling sensitif untuk para JCH,” tutur Handarlin Umar, Kepala Kanwil Departemen Agama Kepulauan Riau, kemarin.
Rombongan JCH Lingga yang berjumlah 56 orang dijadwalkan tiba di Pelabuhan Punggur pukul 07.30 WIB menggunakan feri KMV Superjet 19. Sedangkan rombongan dari Natuna yang berjumlah 58 orang akan mendarat di Hang Nadim pukul 12.15 WIB dengan pesawat Sky Aviation, dan JCH dari Anambas akan mendarat pukul 14.00 WIB.
Keesokan hari, Kamis (20/9) JCH Bintan asal Kijang, JCH Bintan asal Tanjunguban, JCH Tanjungpinang dan JCH Batam, yang juga berada di Kloter 1, masuk Asrama Haji, Batam Centre.
Jemaah calon haji Bintan asal Kijang berjumlah 44 jemaah, direncanakan berangkat dari Pelabuhan Sri Bayintan Kijang menggunakan KMV Baruna. JCH Bintan asal Tanjunguban, berjumlah 18 orang berangkat menggunakan speed boat dari Pelabuhan Tanjunguban ke Telagapunggur.
Sementara JCH Tanjungpinang, berjumlah 213 orang direncanakan menggunakan kapal feri KMV Marina menuju Telagapunggur. Sedangkan JCH Kota Batam, yang berjumlah 46 jemaah, akan menggunakan bus, dari Masjid Agung Batam ke Asrama Haji.
Dimyath, Kepala Biro Kesra Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menambahkan, dari anggaran Rp2,09 miliar dari Pemprov Kepri, biaya kendaraan, angkutan barang, dan makanan menjadi pos-pos yang paling menyerap anggaran. Biaya untuk bus pengangkut JCH mencapai Rp443 juta, sedangkan untuk biaya angkutan barang jemaah sejumlah Rp297,7 juta.
Ali Almowalled, Country Manager Saudi Airlines, menuturkan perusahaanya akan selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada JCH yang menggunakan maskapainya.
“Kami akan tingkatkan pelayanan. Contohnya tahun ini jemaah akan mendapat 10 liter air zamzam, sedangkan dulu hanya 5 liter,” ujarnya.
Hang Nadim Buka 24 Jam
Bandara Hang Nadim Batam akan membuka pelayanan 24 jam sepanjang musim haji 2012. Hal ini sebagai komitmen bandara terhadap jemaah haji Embarkasi Batam.
“Karena penerbangan haji tahun ini jadwalnya malam, hanya satu kloter saja pagi, untuk itu, kita buka pelayanan 24 jam untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan,” ujar Kabid Operasi Darat (Opsda) Hang Nadim Batam, Setyo Utomo, kemarin.
Masalah yang menjadi perhatian petugas bandara, ujar Setyo, antara lain seperti adanya penundaan penerbangan (delay), kerusakan pesawat, maupun masalah teknis lainnya. Begitu juga penumpang lama menunggu, atau pesawat kembali lagi ke Hang Nadim akibat kerusakan atau cuaca (return to base/RTB), dan perbaikan pesawat.
“Kita telah siap, karena bandara dibuka selama 24 jam untuk mengantisipasi hal tersebut. Kita ingin memberikan yang terbaik utuk jemaah calon haji,” ujar Setyo Utomo.
Selain pelayanan 24 jam, Bandara Hang Nadim juga telah mempersiapkan ruang tunggu, serta parkir kendaraan khusus jemaah. “Bagi jemaah dari luar kota seperti halnya Natuna, Jambi atau kota lainnya ketika turun dari pesawat langsung dijemput bus ke embarkasi. Tidak perlu melewati terminal kedatangan seperti penumpang domestik lainnya,” tuturnya.
Selain itu, Hang Nadim juga membebaskan biaya penumpang domestik. Di mana tahun 2011 dibebankan kepada jemaah Rp80.000 per orang.
“Kali ini kita hilangkan,” tuturnya.
Hal tersebut sesuai dengan komitmen seluruh komponen haji ketika kunjungan perwakilan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Brunei, dan Singapura, M Ali, saat mengecek Bandara Hang Nadim dan Embarkasi, belum lama ini.
Semua pihak berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para jemaah haji. Baik panitia, pihak bandara, maupun Arab Saudi.
Arab Saudi mempersiapkan 12 pesawat Boeing 747 seri 400 untuk mengangkut jemaah haji Indonesia tahun 2012. Serta lima pesawat cadangan di tiga embarkasi, yakni Pondok Gede Jakarta, Surabaya, dan Batam.
“Khusus hari pertama tanggal 21 September nanti, Arab Saudi menyiagakan dua pesawat untuk kloter pertama sekitar pukul 10.00 WIB dan kloter kedua sekitar pukul 22.05 WIB,” tutur Setyo Utomo. (cr21/hgt/amr) (9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar