Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 11 September 2012

Bandara Siapkan Tempat Khusus JCH

Selasa, 11 September 2012. Sumber: (Batam Pos)

NONGSA (BP) – Bandara Hang Nadim Batam mempersiapakan ruang tunggu khusus berkapasitas 500 orang untuk jemaah calon haji (JCH) Embarkasi Batam. JCH bisa menunggu keberangkatan dengan nyaman, tanpa terganggu penumpang lainnya.
”Karena ruang tunggunya terpisah dengan penumpang komersil lainnya,” ungkap Kabid Komersil Bandara Hang Nadim Batam, Dendi Gustinandar, kemarin.
Bandara Hang Nadim juga menyiapkan rute khusus bagi 10 bus penjemput JCH dari embarkasi yang dipersiapkan oleh panitia haji.

“Jika penumpang lainnya melalui jalur depan (lobi) bandara. Bus JCH bisa masuk melalui parkir bandara hingga ruang tunggu,” ungkapnya.
Bagi keluarga yang ingin mengantar cukup sampai embarkasi saja. Karena sesampainya di bandara tidak bisa bertemu lagi.
Sementara itu, Kabid Operasi Darat (Opsda) Hang Nadim, Batam Setyo Utomo, menyatakan jika Hang Nadim Batam menyatakan kesiapan dalam menyambut JCH.
“Mulai dari landasan hingga tempat yang akan dilalui oleh JCH sudah kita persipkan dengan matang,” ujar Setyo.
 Di mana hari ini, lanjut Setyo, kesiapan tersebut akan dicek langsung oleh pihak Kedutaan Arab Saudi di Indonesia.
“Namun kita belum tahu jam berapa sampainya, namun rencananya besok (hari ini) Kedubes Arab Saudi ke Batam,” ungkapnya.
Setyo mengatakan jika pihak Arab Saudi telah mempersiapkan 22 penerbangan plus satu cadangan di Embarkasi Batam. Di mana penerbangan kloter pertama pada tanggal 21 September 2012.
“Namun kita belum tahu pasti jam berapa berangkatnya, karena masih menunggu pihak kedutaan. Apakah sekitar pukul 10.00 WIB atau ada perubahan,” ungkapnya.
Pihak Arab Saudi, lanjut Setyo, akan menyiagakan lima pesawat boing 747 seri 400 dengan kapasitas 450 orang di Tiga Bandara Cengkareng, Hang Nadim dan Surabaya.
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri Handarlin H Umar, mengatakan pihak panitia menyatakan kesiapanya untuk memberangkatkan dan menampung JCH di Embarkasi Batam
“Kalau presentase mungkin sekitar 90 persen sudah siap,” ungkap Handarlin.
Handarlin mengatakan jika kloter pertama yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Batam adalah CJH Kepri dengan jumlah 445 orang plus lima orang petugas. Batam 56 JCH, Tanjungpinang 199 JCH, Natuna 73 JCH, Lingga 55 JCH,  Bintan 62 JCH.
“Jumlah ini bisa berubah tergantung keadaan di lapangan nanti,” jelasnya.
Sesampainya di Arab Saudi,  Kloter Kepri akan di inapkan di Maktap 58, Mekah dengan nomor rumah atau hotel 1.017, Wiayah Badhodmah. Penempatan rumah JCH Kepri berdekatan dengan lainnya agar mudah diawasi.
Handarlin mengatakan jumlah JCH melalui Embarkasi Batam pada tahun ini sebanyak 8.518 orang plus petugas 1.370 orang sehingga menjadi 9.888 orang. Di mana, Kepri berjumlah 992, Kalimantan Barat 2.339,  Jambi 143,  dan Riau 5.044 JCH. (hgt) (2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar