Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 06 September 2012

Tiga Dermaga Pelabuhan Petikemas Batuampar Diselesaikan

Kamis, 6 September 2012. Sumber: (Posmetro Batam)

Target Akhir Tahun 2012 Selesai
Batam, Metro: Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan pembangunan tiga dermaga di Pelabuhan Peti Kemas Batuampar, selesai pada Desember 2012. Ini disampaikan Koordinator Pengawas Pembangunan Pelabuhan Batuampar, Benny Syahroni, Selasa (4/9) siang dikantornya.

"Itu masih tahap pertama. Rencananya yang kita bangun terlebih dahulu di bagian utara. Anggarannya sekitar RP 63 miliar," jelasnya.


Pada tahap pertama itu, lanjut Benny pihaknya akan melakukan pemancangan pada dermaga. Dengan panjang 670 meter dan lebar 100 meter serta pemasangan slof.

Benny menyatakan, saat ini proyek sudah jalan berupa overlay dermaga utara. "Kami juga tengah menunggu bahan pancang yang segera tiba pertengahan bulan ini (September),"paparnya.

Setelah tahap pertama, lanjutnya, BP Batam akan mereklamasi perairan sekitar 100 kali 300 meter pada sisi utara pelabuhan.

Itu dilakukan untuk pelebaran area peti kemas. Benny juga mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kantor Pelabuhan Batam dan bagian navigasi untuk memindahkan dua rambu yang ada diperairan pelabuhan, selama pembangunan dermaga.

Sebelumnya, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, pembangunan Pelabuhan Batuampar untuk menaikan kapasitas 600 ribu menjadi 1,2 TEUs pada 2012 hingga 2014.

Pembangunan Pelabuhan Batuampar tersebut menurutnya sangat mendesak. Karena pelabuhan itu sudah tidak mampu lagi menampung barang-barang keperluan industri yang bongkar muat.

Djoko mengatakan, pembangunan Pelabuhan Batuampar rencananya akan dilakukan selama tiga tahun dengan anggaran sekitar Rp360 miliar. "Pada 2012 dibutuhkan anggaran Rp60 miliar, 2013 Rp200 miliar dan 2014 sekitar Rp100 miliar.

Selain pelabuhan, Batam juga tengah berencana membangun fasilitas lain seperti Pelabuhan Alih Kapal Tanjung Sauh.

Kemudian perluasan Bandara Hang Nadim dan pembangunan DAM Tembesi yang akan dilakukan secara bertahap,"jelasnya. (ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar