Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 03 Januari 2013

Baru Lima Kampung Tua Terverifikasi

Kamis, 3 Januari 2013 (Sumber : Posmetro Batam)

BATAM, METRO : Selain memverifikasi Kavling Siap Bangun (KSB) Badan Pengusahaan (BP) Batam saat ini sedang melakukan pendataan Kampung Tua. Ini disampaikan Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Humas dan Publikasi, Ilham Eka Hartawan.

Ia menyatakan saat ini baru lima titik Kampung Tua yang sudah diverifikasi. "Tim kami masih bekerja untuk memverifikasi dan status lahan mana saja yang masuk Kampung Tua. Saat ini baru lima titik yang sudah diverifikasi. Diantaranya Nongsa Pantai, Nongsa, Tanjung Riau, Tanjung Uma dan Kampung Melayu, Batubesar," ujarnya saat ditanyai wartawan, kemarin.

Ia menjelaskan, Kampung Tua Nongsa Pantai, sebagian lahannya sudah dialokasi kepada PT Warga Tri Manunggal (WTM). Perusahaan tersebut menurutnya akan membangun resort di kawasan tersebut. "Mereka memiliki dua lahan di sana. Pertama itu luasnya 141 hektar dan satu lagi luasnya 117 hektar," jelasnya. Mengenai Makam Juriat Nong Isa yang isunya akan digusur, menurutnya tidak akan dilakukan. Justru kawasan tersebut, lanjutnya, akan dilakukan pemugaran oleh perusahaan tersebut. Tetapi Ilham tidak memungkiri jika masjid yang berada di kawasan tersebut sudah dirubuhkan.

"Memang sudah digusur, tapi masjid itu nantinya akan dipindahkan dekat dengan pemukiman warga. Tidak hanya itu, Makan Nong Isa juga akan diserahkan kepada Pemko Batam sebagai situs sejarah. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemko Batam sudah meresmikan sekitar 32 Kampung Tua beberapa waktu lalu.

Yakni, Kampung Melayu, Nongsa Pantai, Telaga Punggur, Teluk Lengung, Dapur 12, Tiawangkang, Tembesi, Tanjung Riau, dan Tanjung Sengkuang. Kemudian Tanjung Uma, Tanjung Buntung, Bengkong Laut, Teluk Air, Batu Besar, Bagan, Seilekop, Bengkong Sadai. Begitu juga Belian, Cunting, Patam, Teluk Mata Ikan, Kampung Terih, Bakau Strip, Tanjung Bemban, Kampung Jabi, Kampung Tengah, Panglong, Kampung Panau, Teluk Nipah, Tanjung Piayu, Tanjung Gundap, dan Sentegah. Ada juga kampung tua yang batal diresmikan, yakni Kampung Tua di Sei Binti dan Sungai Tering atau Melchem. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar