Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 17 Januari 2013

Monorel Rp1,15 T Dibangun Tahun Ini

MONOREL : Beginilah monorel di sejumlah negara maju. Di Batam, mono rel akan dibangun tahun 2013 ini. Rutenya Bandara Hang Nadim-Batuampar dan Tanjunguncang-Batam Centre.
MONOREL : Beginilah monorel di sejumlah negara maju. Di Batam, mono rel akan dibangun tahun 2013 ini. Rutenya Bandara Hang Nadim-Batuampar dan Tanjunguncang-Batam Centre.

Bakal Dioperasikan Tahun 2017 
 
RENCANA pembangunan monorel di Batam akan dimulai tahun ini. Pembangunan akan dimulai dengan jalur kereta monorel. Jalur itu akan menghubungkan Bandara Hang Nadim ke Pelabuhan Batuampar dan Tanjunguncang ke Batam Centre.

Demikian disampaikan Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan, Rabu (16/1) di ruang kerjanya. Disampaikan dia, pembangunan jalur monorel dilakukan bekerja sama dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Detail Engineering Design (DED) sudah di Kementerian Perhubungan. Setelah itu, pada pertengahan tahun mulai dibangun,” katanya.

Setelah DED selesai, akan dilakukan pelelangan dan pengerjaan proyek. Terkait dengan pengoperasian, direncanakan baru bisa pada tahun 2017. Pengoperasiannya nanti akan menempuh 17,7 kilometer dari Tanjunguncang ke Batam Centre. Sementara Bandara Hang Nadim-Batuampar sepanjang 19,6 kilometer.

”Monorel ini menggunakan jalur atas di mana, tiang akan berada di row jalan yang ada saat ini. Row jalan utama di Batam disebut mencapai 200 meter. Jadi lebih hemat dalam penggunaan lahan,” bebernya.

Terkait dengan pembangunan jalan yang akan digunakan monorel, diperkirakan mencapai Rp65 miliar per kilometer. Sementara gerbong sistem monorel, per unitnya diperkirakan Rp30 miliar. Setiap empat gerbong monorail diproyeksikan bisa membawa 406 penumpang.

”Kita butuh biaya sekitar Rp1,15 triliun, makanya dikerjasamakan dengan Dirjen Perkeretapian Kemenhub,” jelas Ilham.

Dengan pembangunan Monorel ini, Ilham menyebutkan bisa mengurangi kemacetan di Batam. Selain orang, barang akan dapat diangkut untuk kepentingan industri di Batam.

”Kemacetan di jalur jalan akan berkurang,” imbuhnya.(MARTUA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar