Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 23 Januari 2013

Cari Tahu Info Layanan BP Batam di Sini

Rabu, 23 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)
Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengusaha, investor dan masyarakat BP Batam membuka website berisi pelayanan publik. Untuk berkonsultasi atau pun melihat potensi investasi di Batam serta pemasukan permohonan izin dan sebagainya masyarakat tidak harus datang ke kantor BP Batam. Tetapi bisa mengaksesnya secara online.

Sistem informasi Pelayanan Publik ini diluncurkan oleh Kepala BP Batam Mustofa Widjaja bersama Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindra Wardana di Gedung Bida Marketing BP Batam, Rabu (23/1). Masyarakat atau pengusaha hanya cukup mengakses www.informasipelayanan.bpbatam.go.id, maka informasi yang diinginkan masyarakat akan terlihat.

Danang mengatakan pembuatan website ini berawal dari diterbitkannya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Ini merupakan langkah positif dari BP Batam untuk menyajikan semua hal yang terkait dengan BP Batam termasuk syarat-syarat pengurusan izin. Jadi warga bisa mengetahui berapa lama untuk mengurus suatu izin termasuk biaya yang dikeluarkan. Jadi semua transparan,”kata Danang.

Sistem Pelayanan Publik ini juga berfungsi untuk menghilangkan adanya transaksi-transaksi yang tidak resmi di antara pegawai dan pihak luar. Selain itu diupayakan sistem ini akan mempercepat kinerja para pelaku usaha dan investor di Kota Batam.

Website informasi pelayanan publik ini berisikan aplikasi utama, antara lain: Halaman Utama, Aplikasi Informasi Umum, Pelayanan Publik, PPID, dan Berita Terkini.

Sementara di dalam menu pelayanan publik terdapat sembilan aplikasi informasi pelayanan unit kerja yang ada di lingkungan BP Batam yang berhubungan langsung dengan masyarakat, yaitu Bandara, Pelabuhan, Direktorat Lahan, DirkimLing & Agribisnis, Ditlalin, Kantor Air & air Limbah, RSOB BP Batam, dan Renbang.

“Jadi masyarakat tidak usah lagi datang ke BP Batam hanya untuk mengetahui pelayanan bandara, pelayanan pelabuhan. Iklim investasi di Batam juga akan dimuat dalam website tersebut. Ini sangat membantu masyarakat,”tambah ketua BP Batam, Mustofa Widjaja.

Mustofa mengatakatan aplikasi ini sepenuhnya dibuat oleh SDM BP Batam. Kami menyadari bahwa aplikasi ini belum sepenuhnya sesuai dengan apa yang diharapkan, oleh karena itu kelak akan terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar