Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH DIREKTORAT PTSP & HUMAS

Kamis, 31 Januari 2013

BP Batam Anggarkan Rp23 M untuk Jalan dan Drainase

Rabu, 30 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)
Badan Pengusahaan (BP) Batam menyiapkan anggaran sebesar Rp23 miliar untuk perbaikan jalan dan drainase di tahun 2013. Perbaikan tersebut tersebar di beberapa titik di kota Batam dan sifatnya menyeluruh.

Titik-titik tersebut antara lain di pelabuhan beton, jalan Duyung arah simpang Baloi Centre ke Batuampar, jalan provinsi di kawasan industri CPO Kabil, jalan provinsi di kawasan industri Batuampar, dan jalan dari arah Simpang Kalista hingga kawasan industri Batam Centre.

BP Kawasan Sabang Kunker ke BP Batam

Kamis, 31 Januari 2013 (sumber : Haluan Kepri) BATAM (HK)- Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dipimpin Wakil Kepala BPKS dan didampingi Deputi Bidang Pengawasan BPKS, Muhammad, Deputi Bidang Komersil dan Investasi, Muslim A Djalil, dan Deputi Bidang Umum, Chandra Hasan melakukan kunjungan kerja ke Badan Pengusahaan (BP) Batam, Rabu (30/1). Kunjungan mereka disambut Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja bersama Anggota 3/Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam Asyari Abbas, Direktur PTSP dan Humas  Dwi Djoko Wiwoho, Kepala Biro Perencanaan Program dan Litbang Horman Pudinaung, dan Kepala Sub Direktorat Perdagangan Barlian Untoro di ruang pertemuan Kepala BP Batam, Batam Centre. Dalam pertemuan itu juga diadakan diskusi di Gedung Marketing Centre.

Rp300 M Untuk Pengembangan Pelabuhan Batuampar


Kamis, 31 Januari 2013 (sumber : Posmetro Batam)
BATAM, METRO: Tahun ini Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam, mendapatkan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk perluasan dermaga utara pelabuhan Batuampar. Hal itu dilakukan untuk menunjang Batam sebagai kawasan perdagangan bebas.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan, perluasan tersebut dilakukan secara bertahap. Tahun lalu kita mendapatkan anggaran Rp60 miliar. Itu dilakukan untuk meningkatkan lalulintas kargo, ujarnya kepada wartawan, kemarin.

BATAM MASUK MUSIM RAWAN KEBAKARAN HUTAN


Rabu, 30 Januari 2013 (sumber : ANTARA)
Direktorat Penanggulangan Bahaya Kebakaran Badan Pengusahaan atau BPK-BP Batam, Kepulauan Riau, menyatakan panas yang tinggi dan angin kencang pada Januari hingga April beresiko kebakaran hutan.

"Setiap tahun rata-rata 50 hektare areal semak-semak dan hutan di Batam terbakar. Kasus paling banyak terjadi pada Januari-April karena cuaca kering dan panas," kata Kasubdit Direktorta PBK BP Batam, Gunadi di Batam.

Gunadi mengatakan lahan yang terbakar sering terjadi dikawasan hutan lindung, konservasi, lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar pada hampir seluruh wilayah Batam termasuk Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

KEBAKARAN HUTAN: Januari-April, Kota Batam Masuk Musim Rawan


Rabu, 30 Januari 2013 (sumber : Bisnis Kepri)
BATAM—Hingga April 2013 mendatang Kota Batam memasuki musim rawan kebakaran hutan akibat panas matahari dan angin kencang.

Direktorat Penanggulangan Bahaya Kebakaran Badan Pengusahaan (BPK-BP) Batam menyatakan panas yang tinggi dan angin kencang pada Januari hingga April beresiko kebakaran hutan.

“Setiap tahun rata-rata 50 hektare areal semak-semak dan hutan di Batam terbakar. Kasus paling banyak terjadi pada Januari-April karena cuaca kering dan panas,” kata Kasubdit Direktorta PBK BP Batam, Gunadi di Batam (Rabu (30/1/2013).

Rabu, 30 Januari 2013

BP Batam Kucurkan Anggaran Rp23 Miliar untuk Perbaikan Jalan dan Drainase


Rabu, 30 Januari 2013 (sumber : Batamtoday)

 
BATAM, batamtoday - Tahun 2013 ini, BP Batam akan memperbaiki sejumlah ruas jalan di kawasan industri dan jalan menuju pelabuhan termasuk perbaikan saluran air atau drainase.

Dikatakan Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, ruas jalan yang akan diperbaiki yakni jalan di kawasan industri di Batam Centre, jalan di Kabil serta jalan menuju Pelabuhan Batuampar.

Ini Lho Jalan Yang Akan Diperbaiki BP Batam Tahun 2013


30 Januari 2013 (sumber : Tribun Batam)
TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memberbaiki beberapa ruas jalan di tahun anggaran 2013 ini. Perbaikan jalan itu dianggarakan sebesar Rp 23 miliar, termasuk penambahan ruas jalan baru.

Ilham Eka Hartawan Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, menjelaskan beberapa ruas jalan yang akan diperbaiki yaitu jalanan menuju kawasan industri di Batam Centre, Kabil, dan Pelabuhan Batuampar.

Kepri Kirim 4 Delegasi Sekolah Sepak Bola Anak U-12 ke Medan

Rabu, 30 Januari 2013


 (sumber: Tribun Batam)


Kepri mengirim 4 tim delegasi ke Medan dalam ajang Festival Sepak Bola Anak Sedunia usia 12 tahun atau U-12. Acara tersebut bertajuk Aqua Danone Nations Cup Indonesia 2013 untuk zona Sumatera Utara.

Kualifikasi sepak bola ini bakal digelar 2-3 Februari 2013 di Medan. Kepri mengirim 4 delegasi  yaitu SSB Laksamana Tanjung Piayu Batam, SSB Mc Dermott Batu Ampar Batam, dan SSB Batam United, Batu Aji Batam. SSB Bida Taruna adalah Sekolah Sepak Bola (SSB) Bida Taruna. Itu lah sekolah sepakbola yang pertama kali dibentuk di Batam di bawah naungan BP Batam.

Latihan di Rusun, Siap Berlaga di Pentas Dunia


Rabu, 30 Januari 2013 (sumber : Posmetro Batam)
BATAM, METRO: Panitia Kualifikasi Sepak Bola Wilayah Kepulauan Riau, mengirimkan tim delegasi dalam ajang bergengsi  "Festival Sepak Bola Anak Sedunia Untuk Usia 12 Tahun Aqua Danone Nations Cup Indonesia 2013" zona Sumatera Utara. Kegiatan ini akan diselenggarakan 2-3 Februari nanti di Medan.

Menurut Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan, yang akan mewakili Kepri adalah Sekolah Sepak Bola (SSB) BIDA Taruna Seiharapan, SSB Laksamana Tanjungpiayu, SSB McDermott Batuampar dan SSB Batam United Batuaji. Keempat tim delegasi ini merupakan hasil dari kompetisi yang telah diselenggarakan pada tanggal 19 dan 20 Januari lalu, yang diikuti oleh 36 SSB se-Kepri di Stadion Taruna Sakti, McDermott Batuampar, jelasnya.
 

Target Pendapatan Bandara-Pelabuhan Rp244 Miliar

Rabu, 30 Januari 2013 (sumber : Tanjungpinang Pos)
Badan Pengusahaan (BP) Batam, menargetkan kenaikan pendapatan dari Bandara Hang Nadim dan pelabuhan yang dikelolanya.

Untuk tahun 2013 ini, BP Batam menargetkan pemasukan sebesar Rp144 miliar dari pelabuhan dan Rp100 miliar dari Hang Nadim.

Dengan demikian target pemasukan BP dari pelabuhan dan bandara Rp244 miliar.

Kasubdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ilham Eka Hartawan, mengatakan, target pemasukan tahun 2012 lalu dari pelabuhan Rp105 miliar. Tapi terealisasi Rp130 miliar.

BP Batam Target Pendapatan Sektor Transportasi Rp244 M

Rabu, 30 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM CENTRE - Badan Pengusahaan (BP) kawasan Batam, tahun ini menargetkan pendapatan dari sektor pelabuhan dan bandara sebesar Rp244 miliar. Rinciannya, Rp144 miliar dari pelabuhan dan Rp100 miliar dari bandara.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan, target pendapatan Bandara Hang Nadim naik ke Rp100 miliar dari tahun sebelumnya, yang hanya sebesar Rp82 miliar. Sementara untuk pelabuhan, tahun sebelumnya ditargetkan sebesar Rp105 miliar, di tahun berjalan menjadi Rp144 miliar. Sehingga jumlahnya sebesar Rp244 miliar.

Setahun, Kebakaran Lahan di Batam Capai 50 Hektar

Rabu, 30 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM CENTRE (HK) - Selama setahun, rata-rata kebakaran lahan mencapai 50 hektar. Jumlah tersebut tersebar di seluruh titik di Kota Batam. Potensi kebakaran sering terjadi di rentang waktu Januari hingga April.


" Sering tejadi kebakaran di bulan Januari hingga April. Kalau kita rata-ratakan setiap tahun mencapai 50 hektar, itu tersebar ya di seluruh titik yang ada. Seperti kebakaran dikawasan Bandara, Sei Ladi dan lain sebagainya,"kata  Kepala Sub Direktorat Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Batam Gunadi yang ditemui kemarin, menanggapi kebakaran hutan yang terjadi Seiladi belum lama ini.

Selasa, 29 Januari 2013

SSB Bida Taruna akan Berlaga di Danone Nations Cup Indonesia 2013


Selasa, 29 Januari 2013 (sumber : Batamtoday)

 
BATAM, batamtoday - Panitia Kualifikasi Sepak Bola Wilayah Kepulauan Riau (Kepri) akan mengirimkan delegasi yang akan mewakili Kepri dalam ajang bergengsi, “Festival Sepak Bola Anak Sedunia Untuk Usia 12 Tahun Aqua Danone Nations Cup Indonesia 2013” untuk zona Sumatera Utara yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-3 Februari 2013 di Medan.

Dengan tampilnya 4 tim SSB dalam ajang Aqua Danone Nations Cup Indonesia 2013 diharapkan akan terdapat SSB yang akan mewakili Kepri sehingga dapat mengharumkan Kepri di tingkat nasional untuk sepak bola U-21 tahun.

BATAM ANGGARKAN PERBAIKAN JALAN INDUSTRI RP25 MILIAR

Selasa, 29 Januari 2013 (sumber : ANTARA)
Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kepulauan Riau, menalokasikan dana sekitar Rp25 miliar untuk perbaikan beberapa ruas jalan menuju kawasan industri pada 2013.

"Jalan menuju kawasan industri di Batam Centre, Kabil, dan menuju Pelabuhan Batuampar pada tahun ini akan diperbaiki," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Selasa.

Untuk di Batam Centre, kata Ilham, perbaikan termasuk penambahan ruas jalan baru akan dilakukan sekitar Kawasan Industri Tunas menuju pusat pemerintahan.

BATAM TARGETKAN RP244 MILIAR DARI PELABUHAN-BANDARA


Selasa, 29 Januari 2013 (sumber : ANTARA)
Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kepulauan Riau, menargetkan pendapatan sektor bandara dan pelabuhan pada 2013 sebesar Rp244 miliar.

"Tahun ini sektor pelabuhan diharapkan mampu menyumbang pendapatan Rp144 miliar sementara sektor bandara Rp100 miliar," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan, di Batam, Selasa.

Menurut Ilham, target pemasukan pelabuhan naik dibanding realisasi pada 2012 sebesar Rp130 miliar dari target awal Rp105 miliar. Sementara realisasi bandara 2012 Rp82 miliar.

2013, BP Batam Targetkan Pendapatan Rp244 M dari Pelabuhan dan Bandara


Selasa, 29 Januari 2013 (sumber : Batamtoday)

 
BATAM, batamtoday - Pada 2013, BP Batam menargetkan kenaikan pendapatan yang diperoleh dari Bandara Hang Nadim dan pelabuhan dengan total Rp244 miliar, dengan rincian target dari pelabuhan sebesar Rp144 miliar, sedangkan dari bandara sebesar Rp100 miliar.

Dijelaskan Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, untuk pelabuhan pendapatan didapatkan dari labuh, tambat, dermaga, pandu, tunda, air, retribusi dan penumpukan kapal. Selain itu, juga diperoleh lewat troughput fee, call fee, dockage fee, denda, sea port tax, sewa alat, chasis, pembulatan nota dan lain-lainnya.

Hutan Lindung Seiladi Terbakar

29 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)

Kebakaran hutan lindung kembali terjadi di Batam. Kali ini menimpa wilayah hutan lindung Seiladi.
Kebakaran terjadi pada hari Senin (28/1) petang.

 Kepala Sub Direktorat Pemadam Kebakaran Badan Pengusahaan (BP) Batam Gunadi menyatakan pihaknya mendapat informasi kebakaran dari masyarakat pada pukul 18.00 WIB.

Kebakaran ini memangkas habis satu hektar semak belukar di kawasan hutan lindung tersebut.
“Tidak ada pepohonan yang terbakar. Hanya semak. Namun, meskipun semak belukar, ini bisa digolongkan kebakaran hutan,” kata Gunadi. (ceu) (44)

BP Batam Menargetkan Pemasukan Pelabuhan Rp144 miliar

Selasa, 29 Januari 2013
 (sumber : Tribun Batam)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


Laporan Tribun Batam, Anne Maria

TRIBUNBATAM, BATA
M - BP Batam menargetkan pemasukan sebesar Rp144 miliar dari pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya. Pelabuhan tersebut antara lain pelabuhan beton Batuampar, Macobar, Kawasan Industri Maritim Batuampar, Beton Sekupang, pelabuhan Roro Sekupang, serta kawasan Industri Maritim Sekupang 1, 2, 3, 4, 5 dan 6.

Selanjutnya kawasan industri maritim Nongsa-Batam Centre, CPO Kabil, Sarana Citra Nusa Kabil, Rempang Galang dan Telaga Punggur.

BP Batam Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW


Selasa, 29 Januari 2013 (sumber : Posmetro Batam)
BATAM, METRO: Karyawan Badan Pengusahaan (BP) Batam, mengadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lantai 3 ruangBalairungsari Gedung BP Batam, di Batam Centre, Jumat (23/1).

Anggota 3, Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, H Asyari Abbas, yang membacakan sambutan dari Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Mustofa Widjaja mengajak para karyawan di lingkungan BP Batam, untuk menjadikan peringatan tersebut, sebagai momentum untuk meningkatkan toleransi, kebersamaan, dan meningkatkan pemahaman ajaran agama yang benar. Selain itu juga memperbaiki etos kerja dalam melayani masyarakat dengan meneladani kehidupan Rasulullah.

Saya mengajak kaum Muslimin dan Muslimat, khususnya Karyawan BP Batam untuk mengembangkan cara-cara yang arif dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya. Begitu juga dalam menjalin hubungan dengan masyarakat di sekitarr kita, kata Mustofa Widjaja dalam sambutannya. (ams)

Aliri Tanjungbuntung, ATB Tunggu Rekomendasi BP Batam


Senin, 28 Januari 2013 (sumber : Batamtoday)




BATAM, batamtoday - Enrico Moreno, Humas PT Adhya Tirta Batam (ATB) mengatakan bersedia mengalirkan air ke rumah warga di Tanjungbuntung asalkan sudah mendapatkan rekomendasi dari BP Batam.

Pihaknya akan menjalankan hasil kesepakatan antara BP Batam, Pemko Batam dan DPRD Kota Batam setelah aksi demo warga yang salah satunya BP Batam akan merekomendasikan penyambungan air bersih bagi daerah tersebut.

"Pada prinsipnya kita bersedia sesudah ada rekomendasi dari BP Batam," ujar Enrico kepada batamtoday, Senin (28/1/2013).

Harry Azhar Azis Bicara Pengganti Ketua BP Batam

Selasa, 29 Januari 2013 (sumber : Tribun Batam)
Laporan Tribunnews Batam, Kartika
TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM-  Pemberitaan mengenai pengganti Mustofa Widjaya, Ketua Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam, menjadi topik hangat di kalangan pemerintah pusat.  Bahkan, diisukan beberapa nama calon pengganti Mustofa Widjaya kabarnya sudah sampai ke tangan presiden. 

Menangapi hal itu, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI,  Harry Azhar Azis meminta kepada Presiden untuk bijak dalam memilih.  Sebab, ia khawatir jika BP Batam dipegang oleh orang yang salah, bisa menjadi boomerang tersendiri bagi pemerintah pusat. 

Karyawan BP Perkuat Hubungan ke Warga

Karyawan Badan Pengusahaan (BP) Batam, diminta untuk memperkuat hubungan dengan masyarakat. Selain itu, karyawan juga diingatkan untuk meningkatkan etos kerja dalam memperkuat pembangunan Batam.

Demikian dikatakan Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja, melalui Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Asyari Abbas, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung BP, Jumat (23/1) lalu.

Tanjung Buntung Dialiri Air Bersih



BP Batam Penuhi Tuntutan Demonstran
 
Ratusan warga Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong menggelar aksi demonstrasi ke Gedung DPRD Batam, Senin (28/1) kemarin.

Mereka menuntut perbaikan jalan, air bersih dan status lahan di ruli tempat mereka tinggal.
Setelah melalui perdebatan panjang dalam rapat dengan perwakilan BP Batam, DPRD dan Pemko Batam, tuntutan perbaikan jalan dan air bersih dipenuhi. Sementara status lahan yang ditempati akan diperjuangkan ke pemerintah pusat.

Hasil kesepakatan itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Batam, Yunus di hadapan warga usai menggelar rapat. Air bersih akan dipasang dengan surat rekomendasi BP Batam.

Larangan Impor 13 Jenis Hortikultura Diberlakukan

Selasa, 29 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
Batam Patuhi Aturan Kementan

BATAM (HK) - Pemberlakuan larangan impor 13 jenis hortikultura juga diberlakukan di Batam bulan ini hingga Juni mendatang, mengikut aturan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pertanian (Kementan).


Kasubdit Perdagangan BP Batam Barlian Untoro,  mengatakan, pihaknya mengikuti aturan yang dibuat oleh pemerintah pusat. Apalagi, di beberapa daerah diprediksi panen raya produk-produk tersebut, yang bahkan bisa melimpah.

"Tidak semua produk hortikultura yang dilarang, kan hanya 13 jenis, itupun hanya sesaat, bukan selamanya. Ke 13 produk itu, empat jenis sayuran, enam jenis buah-buahan dan tiga florikultura. Di negara kita produk-produk ini kebanjiran panen," tutur Barlian.

5 Hektar Hutan Seiladi Kota Batam Terbakar

Selasa, 29 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
5 Hektar Hutan Seiladi TerbakarSEILADI (HK)- Hutan Lindung di pinggiran Danau Seiladi, Kelurahan Tiban Lama Kecamatan Sekupang tadi malam terbakar. Peristiwa itu membakar sedikitnya lima hektar hutan lindung. Diperkirakan kebakaran terjadi sejak pukul 17:30 WIB.  Senin(28/1).


Komandan Pos Pemadam Kebakaran BP Batam Sekupang, Amran mengatakan, diduga penyebab kebakaran akibat puntung rokok, yang dibuang sembarangan oleh para pemancing ikan di danau Seiladi.

" Sekarang sedang musim panas. Sehingga, semak belukar yang kering serta gambut yang ada dalam hutan akan mudah terbakar. Jadi, kalau para pemancing membuang puntung rokok sembarangan inilah akibatnya," ujar Amran.

Warga Tanjung Buntung Demo DPRD Kota Batam

Selasa, 29 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
Minta Status Lahannya Dibebaskan

BATAM CENTRE (HK) - Ratusan Warga Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong mendatangi Kantor DPRD Kota Batam, Senin (28/1). Mereka minta lahan yang selama ini mereka tempati dibebaskan statusnya sebagai hutan lindung. Sehingga, penyaluran air bersih bisa dilakukan sampai ke rumah mereka.


Para demonstran yang terdiri bapak-bapak dan ibu-ibu tersebut tiba di kantor DPRD Batam sekitar pukul 09.45 Wib. Dimulai dengan orasi secara bergantian sembari membawa sepanduk yang bertuliskan 'berikan kami air walau sederum' dan beberapa tulisan lain yang intinya meminta status lahannya dibebaskan.

Senin, 28 Januari 2013

Orang Dekat Menteri di Bursa Kepala BP



Kabar pengganti kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, terus bergulir. Bukan hanya di lingkup Kepri, bahkan seseorang dari pusat yang memiliki akses kuat dengan Menko Ekuin, Hatta Radjasa juga disebut-sebut bakal ikut dicalonkan.

Demikian disampaikan sumber Tanjungpinang Pos di Pemprov Kepri, kemarin.

“Yang berpeluang memimpin BP Batam dari pusat, dari internal badan itu dan dekat Menko Ekuin,” jelas sumber.

Swiss Tertarik Elektronik dan Cokelat



Sejumlah pejabat Swiss yang beberapa hari lalu berkunjung ke Bida Marketing, Badan Pengusahaan Batam, mengungkapkan ketertarikannya berinvestasi elektronik dan cokelat. Bahkan, sebanyak 72 orang anggota tim dikirim untuk menjajaki peluang investasi ke Batam.

Menurut Kasubdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ilham Eka Hartawan, Minggu (27/1), Swiss menilai Batam masih kompetitif. Tim yang akan menjanji peluang usaha di Batam ini, akan bekerja dan melaporkan hasilnya ke pemerintah Swiss. Hasilnya, akan ditindaklanjuti Kementerian Luar Negeri dan Duta Besar di Swiss.

BP Permudah Investor Lewat Layanan Online



Pengusaha, investor dan masyarakat, kini mendapat layanan kemudahan yang disediakan Badan Pengusahaan (BP) Batam.
Cukup mengakses www.informasipelayanan.bpbatam.go.id, investor bisa berkonsultasi, melihat potensi investasi serta memasukkan permohonan izin melalui website ini.

Layanan ini diluncurkan Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja, bersama Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindra Wardana di Gedung Bida Marketing BP Batam, Rabu (23/1).

Disampaikan Mustofa, melalui web situs itu, mereka memberikan sembilan informasi terkait pelayanan unit kerja yang ada di lingkungan BP Batam.

HARRY: KEPALA BP BATAM HARUS PROFESIONAL

Minggu, 27 Januari 2013 (sumber : ANTARA)
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis mengatakan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam harus profesional dan tidak perlu birokrat.

"Harus orang profesional bukan birokrat," kata Harry di Batam, Minggu.

Hal itu dikatakan Harry menanggapi habisnya masa kepala BP Batam Mustofa Widjaya dan rumor beberapa orang yang ingin menggantikan Mustofa.

Profesional, kata dia, bisa saja seorang ekonom, pengamat ekonomi dan orang di luar BP Batam.

Investor Eropa Lirik Batam


Senin, 28 Januari 2013 (Sumber : Posmetro Batam)
BATAM, METRO: Keinginan Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam yang mengharapkan investor dari negara Eropa, sepertinya akan terwujud. Ini terlihat dari antusiasnya 51 orang mahasiswa S2 dari Swiss saat berkunjung ke Batam beberapa waktu lalu.

Kepala Sub Direktorat ( Kasubdit) BP Kawasan Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan, para mahasiswa tersebut tidak hanya untuk melakukan study banding. Tetapi mereka merupakan calon-calon investor dan mereka sudah bekerja. Mereka itu calon investor dan mereka sudah bekerja. Kemarin saya sudah sempat berbicara dengan salah satunya dan dia merupakan pengusaha coklat di negaranya, ujarnya saat ditanyai wartawan, kemarin.

DPRD Kepri Mita Dilibatkan Pemilihan Ketua BP Batam

Sabtu, 26 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM CENTRE (HK) - Terkait munculnya sejumlah nama yang disebut-sebut memiliki peluang untuk mengisi posisi Ketua Badan Pengusahaan (BP) Batam, membuat kalangan DPRD Propinsi Kepri turut bersuara. Anggota DPRD Propinsi Kepri dari Partai Hanura Sukri Fahrial mengatakan, proses pemilihan ketua BP semestinya melibatkan kalangan DPRD Propinsi Kepri.


Kepada Haluan Kepri, Jumat (25/1) Sukri mengatakan, melihat begitu strategisnya fungsi ketua BP, seharusnya proses pemilihan ketua BP, baik di Batam, Bintan maupun Karimun dilakukan dengan pola fit and proper test. Dalam hal ini kata Sukhri, fit and proper test yang dilakukan harus melibatkan DPRD Kepri.

Rabu, 23 Januari 2013

IZIN INVESTASI: BP Batam Operasikan Situs Informasi Pelayanan Publik


 
Rabu, 23 Januari 2013 (sumber : Bisnis Kepri)
BATAM—Badan Pengusahaan (BP) Batam telah mengoperasikan situs informasi pelayanan publik sebagai salah satu upaya memudahkan masyarakat mengakses informasi perizinan dan kegiatan pelayanan lainnya.

Dengan beroperasinya situs berdomain www.informasipelayanan.bpbatam.go.id itu, sekarang BP Batam sudah memiliki dua situs resmi setelah www.batam.go.id.

“Mulai hari ini BP Batam sudah punya website khusus untuk informasi pelayanan,” kata Ketua BP Batam Mustofa Widjaya saat peresmian peluncuran situs, Rabu (23/1/2013).

BP Batam Operasikan Situs Informasi Pelayanan Publik


Rabu, 23-01-2013 (sumber : Batamtoday)

 
BATAM, batamtoday - Badan Pengusahaan (BP) Batam telah mengoperasikan situs informasi pelayanan publik sebagai salah satu upaya memudahkan masyarakat mengakses informasi perizinan dan kegiatan pelayanan lainnya.

Dengan beroperasinya situs berdomain www.informasipelayanan.bpbatam.go.id itu, sekarang BP Batam sudah memiliki dua situs resmi setelah www.batam.go.id.

“Mulai hari ini BP Batam sudah punya website khusus untuk informasi pelayanan,” kata Ketua BP Batam Mustofa Widjaya saat peresmian peluncuran situs, dikutip dari Bisnis-Kepri, Rabu (23/1/2013)

Cari Tahu Info Layanan BP Batam di Sini

Rabu, 23 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)
Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengusaha, investor dan masyarakat BP Batam membuka website berisi pelayanan publik. Untuk berkonsultasi atau pun melihat potensi investasi di Batam serta pemasukan permohonan izin dan sebagainya masyarakat tidak harus datang ke kantor BP Batam. Tetapi bisa mengaksesnya secara online.

Sistem informasi Pelayanan Publik ini diluncurkan oleh Kepala BP Batam Mustofa Widjaja bersama Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindra Wardana di Gedung Bida Marketing BP Batam, Rabu (23/1). Masyarakat atau pengusaha hanya cukup mengakses www.informasipelayanan.bpbatam.go.id, maka informasi yang diinginkan masyarakat akan terlihat.

Sehari Pesawat dari dan ke Bandara Hang Nadim 104




Rabu, 23 Januari 2013 (sumber : Posmetro Batam)
BATAM, METRO: Tahun ini Bandara Hang Nadim, akan meningkatkan pelayanan penerbangan serta menambah rute. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim, Suwarso mengatakan, sebelumnya Hang Nadim hanya Melayani 48 rute penerbangan. Tetapi tahun ini lanjutnya ada penambahan empat rute penerbangan.

Tahun ini menjadi 52 rute. Jadi total pesawat yang terbang dari dan ke Hang Nadim, menjadi104 kali, ujarnya saat ditanyai wartawan, kemarin.

Menurutnya, sejak 2012 lalu, pihaknya sudah membahas program perusahaan maskapai penerbangan di Bandara Hang Nadim. Tetapi baru Citilink yang membuka penerbangan rute baru. Citilink lanjutnya, sudah menambah frekuensi dan rute baru. Sejak 10 Januari kemarin. Citilink menurutnya sudah menambah rute penerbangan Batam-Padang.

Ditpam BP Batam Segera Tertibkan Peternakan Liar di Duriangkang dan Bandara Hang Nadim

BATAM, batamtoday - Cecep Rusmana, Direktur Direktorat Pengamanan BP Batam mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menertibkan bangunan, perkebunan dan ternak liar yang berada di kawasan Dam Duriangkang dan Bandara Hang Nadim. Pasalnya warga menempati tanah yang bukan haknya sehingga aktivitas mereka juga merugikan kepentingan umum.

Hati-hati Beli Properti Glory Point

Rabu, 23 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
Terlalu Banyak Masalah

Batam Centre (HK) - Wakil Ketua Komisi III DPRD Batam Irwansyah mengingatkan masyarakat supaya berhati-hati membeli properti dari PT Glory Point. Hal tersebut lantaran PT Glory Point terlalu banyak masalah.


" Saya mengimbau masyarakat agar berhati-hati, membeli properti seperti rumah dan ruko dari PT Glory Point, karena terlalu banyak masalah,"ujar Irwansyah yang ditemui, kemarin.

Menurut Irwansyah,  masalah yang timbul dari properti PT Glory Point kebanyakan bangunannya tidak sesuai dengan perencanaan dan itu sangat mengganggu lingkungan. Bahkan diantara bangunannya ada yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Penumpang Lion Air Kecewa, Bagasi Tiba Tidak Bersamaan

Rabu, 23 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
Nongsa (HK) - Para penumpang maskapai penerbangan Lion Air dari Surabaya transit Bandung tujuan Batam mengeluhkan sekaligus kecewa dengan pelayanan maskapai yang ditumpangi tersebut.


Pasalnya, para punumpang yang telah tiba di Bandara Hang Nadim tidak berbarengan dengan barang bawaannya yang berada di Bagasi. Sehingga para penumpang terpaksa harus menunggu jadwal pesawat Lion Air berikutnya dari Surabaya langung ke Batam.

" Tadi kita sampai Batam sekitar pukul 13.00 Wib. Tidak tahu kenapa barang bawaan saya di bagasi tidak ada, padahal sudah nunggu lama," ujar Nurdianto di terminal kedatangan Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (22/1).

Jahe Impor Masih Mendominasi di Batam

Rabu, 23 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM (HK) - Meski produksi jahe nasional tidak terlalu bermasalah, namun pada kenyataanya Batam masih mengimpor jahe dari Malaysia dan negara lainnya di Asia. Selama 2012 tercatat 960.492 kg jahe diimpor dari negeri tetangga tersebut.


Jumlah itu merupakan 60 persen dari total kebutuhan jahe di Batam selama satu tahun, atau sekitar 1.600.745 kg. Demikian data yang diperoleh koran ini dari Badan Pengusahaan Batam (BP Batam).

Seperti yang telah di katakan oleh Fathullah Direktur BP Kasawan Batam beberapa hari yang lalu, data 1.600.745 Kg.dan sudah termasuk jahe lokal dan impor, sedangkan dari jumlah 1.600.145 Kg, 60%nya adalah jehe impor sebannyak 960,492 Kg. Sedangkan selebihnya berikisar 640,298 Kg adalah jahe domestik.

Calon Ketua BP Batam Harus Kenal Batam

Rabu, 23 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM (HK) - Kalangan pengusaha dan tokoh masyarakat berharap, Ketua Badan Pengusahaan (BP) Batam mendatang haruslah orang yang memahami Batam. Tidak hanya memahami Batam, ia juga harus memiliki integritas dan kredibilitas yang sudah teruji.


"Kriteria utamanya, Dia (Ketua BP Batam, red) harus SDM lokal yang paham betul dengan kondisi Batam sebagai kota industri," ujar Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan dan Keuangan, Amat Tantoso, Selasa (22/1).

Selain faktor SDM lokal, lanjut Amat, sedikitnya ada dua kriteria lainnya yang juga menjadi sebuah kriteria penting. Pertama, harus punya kecakapan management international. Minimal bisa berbahasa Inggris dan mempunyai relasi bagus di dunia internasional.  

Selasa, 22 Januari 2013

KAWASAN BEBAS: Seluruh Daerah Bintan & Karimun Diminta Jadi Kawasan FTZ


 
Selasa, 22 Januari 2013 (sumber : Bisnis Kepri)


TANJUNGPINANG–Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam Bintan Karimun mengusulkan Pulau Bintan dan Karimun untuk ditetapkan sebagai kawasan perdagangan bebas menyeluruh.

Menurut M. Sani, Ketua DK BBK, penetapan sebagai FTZ menyeluruh untuk mengakomodir kebutuhan investor yang membutuhkan areal industri yang lebih luas di kedua pulau tersebut.

“Kami ingin agar Bintan dan Karimun sama seperti Batam menjadi FTZ menyeluruh. Kami harap usulan tersebut bisa segera direalisasikan,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi DK FTZ BBK di Tanjungpinang, Selasa (22/1/2013).

BP Batam Harapkan Pola Pembangunan 70 : 30



Selasa, 22 Januari 2013 (sumber : Posmetro Batam)
Badan Pengusahaan (BP) kawasan Batam masih melakukan pendataan masyarakat yang mendiami kawasan hutan lindung dan menggunakan waduk sebagai lokasi perikanan mereka di sekitaran Tanjungpiayu. ini disampaikan Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan.

Menurutnya penerbitan di wilayah tersebut, pasti akan dilakukan dengan pertimbangan untuk pemeliharaan ekosistem dan keseimbangan alam. "Saya belum dapat datanya beberapa banyak. karena masih di Ditpam. tapi nannti pasti akan kita tertibkan. terutama masyarakat yang menggunakan waduk untuk ikan-ikan mereka," jelasnya kepada wartawan kemarin.

FTZ BATAM: Figur Wakil Ketua BP Batam dari Kalangan Eskternal?


 
Senin, 21 Januari 2013  (sumber : Bisnis Kepri)
BATAM—Ketua Dewan Kawasan FTZ Batam, Bintan, Karimun (BBK) Muhammad Sani membuka peluang dipilihnya figur dari luar Badan Pengusahaan (BP) Batam menjabat sebagai Wakil Ketua BP menggantikan Alm.Manan Sasmita.

Muhammad Sani mengatakan dirinya masih mencari tokoh yang tepat untuk mengisi jabatan Wakil Ketua BP Batam yang kosong setelah Manan Sasmita meninggal pada Jumat (18/1).
“Masih dicari (figur) yang tepat,” katanya, Minggu (20/1/2013).

Ia mengatakan jabatan wakil ketua BP Batam bisa saja diemban orang di luar birokrasi BP Batam.
“Bisa dari luar. Dia tidak harus PNS, tidak ada eselon,” kata pria yang juga Gubernur Kepri.
Ia mengatakan berdasarkan peraturan, DK KPBPB BBK yang berhak menetapkan siapa yang menjadi pengganti Manan Sasmita.

BP BATAM ANGGARKAN RP200 JUTA UNTUK BATUAMPAR

Batam, 21 Januari 2013 (sumber : ANTARA)
Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mendapatkan anggaran dari APBN sekitar Rp200 miliar pada 2013 khsusus untuk melanjutkan pengembangan pelabuhan bongkar muat Batuampar dari kapasitas 200 ribu menjadi 600 ribu TEU's.

"Pada 2013 akan memasuki pembangunan tahap kedua dari tiga tahap pembangunan Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar yang direncanakan BP Batam. Anggaran disepakati sekitar Rp200 miliar," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Senin.

Ia mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk reklamasi perairan sekitar 100x300 meter pada sisi utara pelabuhan untuk pelebaran area peti kemas, dan pengerjaan fisik pelabuhan setelah pemancangan selesai dilakukan.

Selama 2012, Batam Impor 7.715,88 Ton Kedelai

Selasa, 22 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM (HK) - Memenuhi kebutuhan kedelai untuk pembuatan tahu dan tempe serta makanan lainnya, selama 2012 kedelai impor masuk ke Batam sebanyak 7.715,88 ton, atau sekitar 90 persen dari total kebutuhan di Batam. Sementara, 10 persen lainnya merupakan produksi lokal maupun dari berbagai daerah di Indonesia.


Demikian disampaikan Kabid Pertanian Dinas Kelautan, Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam, Iik Betty S ditemui di kantornya, Senin (21/1).

"Kedelai impor lebih digunakan untuk pembuatan tahu dan tempe, sedangkan kedelai lokal terutama yang diproduksi di Batam tidak bisa untuk pembuatan tahu dan tempe, karena rata-rata dipanen sebelum waktunya, sehingga kualitas kurang bagus. Biasanya kedelai lokal digunakan untuk kebutuhan lain," ujar Iik.

Senin, 21 Januari 2013

Istri Manan Sasmita, Rosmiati Masih Berduka

Minggu, 20 Januari 2013 (sumber Tribun Batam)
Laporan Tribun Batam, Anne MAria

TRIBUNBATAM, BATAM
- Mendung masih terasa di kediaman Manan Sasmita, Wakil Ketua BP Batam, Sabtu (19/1) sehari usai pemakaman.

Seperti tahu perasaan duka keluarga yang ditinggalkan, hujan deras pun terus membasahi tempat kediaman mantan Plt Walikota itu sejak pagi. Rumah pria kelahiran Bogor itu nampak sepi dari hari sebelumnya.

Jika sebelumnya banyak pejabat-pejabat penting di lingkungan BP Batam dan Pemko Batam yang datang melayat, suasana lebih hening justru terlihat hari itu.

Pak Manan Harmoniskan Pemko dan Otorita Batam

Sabtu, 19 Januari 2013 (sumber Tribun Batam)
Selamat Jalan Bang Manan Sasmita (1)

"Kalau Abang ini, sudah jadi Plt Walikota saja pun sudah cukup lah adinda. Kan berarti sudah pernah jadi walikota," kata Manan memberi jawaban ke saya.



Citizen Journalism Surya Makmur Nasution, Anggota DPRD Kepri


PADA suatu kesempatan di tahun 2005, saya bertemu dengan Manan Sasmita di kantornya Jl Engku Putri, yang ketika itu sebagai Pejabat Pelaksana Tugas Walikota Batam.

Saya sengaja menemuinya untuk menanyakan sikapnya, apakah akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batam sebagai calon walikota atau tidak.

Ketika itu, pemberitaan media begitu ramai memperbincangkan calon Walikota Batam. Nama Manan Sasmita saat itu banyak disebut-sebut media sebagai calon kuat menuju Batam 1.

BP Batam Ganti AC Bandara Hang Nadim senilai Rp15,522 Miliar

Senin, 21 Januari 2013(sumber : Batam Pos)

Badan Pengusahaan (BP) Batam terus melakukan pembenahan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Setelah banyak mendapat keluhan dari penumpang terkait kondisi Air Conditioner (AC) yang sudah perlu diganti karena sudah rusak. Untuk pemasangan AC Baru di Hang Nadim BP Batam pun mengucurkan dana sebesar Rp 15,522 Miliar.
AC yang telah tua di Hang Nadim akan segera diganti.
AC yang telah tua di Hang Nadim akan segera diganti.

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan di kantornya, Senin(21/1). Ilham mengatakan Air Conditioner Hang Nadim sudah tidak dingin. Hal ini membuat para penumpang kurang nyaman.

Almarhum Manan Sasmita di Mata Sekretarisnya

Minggu, 20 Januari 2013 (sumber Batam Pos)

BATAM (BP) - Sebuah shpesan singkat masuk ke ponsel Nuraini Iskandar, Kamis malam pukul 19.06 WIB. Ia diminta menjadwalkan pertemuan dengan tamu besok Jumat. Nuraini pun menghubungi tamu tersebut untuk memastikan jadwal pertemuan.

”Belum sempat dapat jawaban dari tamu itu, bapak sudah gak ada,” kata Nuraini Iskandar, Sekretaris Manan Sasmita, Wakil Ketua BP Batam saat mendengar kabar meninggalnya pimpinannya, Jumat pagi.

Bagi Nuraini, SMS seperti ini biasa dikirimkan Manan Sasmita kepadanya. ”Bapak lebih suka mengirimkan SMS dibandingkan telepon. Karena lebih jelas dan detail perintahnya. Itupun hanya saat bapak di luar kantor atau diluar kota,” kata wanita yang sudah menjadi sekretaris Manan Sasmita sejak tahun 2006.

Mustofa Wijaya Ikut Tahlilan

Sabtu, 19 Januari 2013 (sumber Batam Pos)

Tahlilan pada malam pertama kepergian Manan Sasmita, Jumat (18/1) malam mayoritas didatangi oleh pegawai dan pejabat BP Batam dan pegawai Pemerintah Kota Batam. Manan pernah berkarya di kedua instansi tersebut. Pejabat Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga hadir dalam acara tersebut.

Mereka yang datang antara lain Kepala BP Batam Mustofa Wijaya, Sekretaris Daerah Kota Batam Agussahiman, Mantan Walikota Batam Usman Draman, Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana. Dari Pemprov hadir Kepala Dinas Pariwisata Guntur Sakti.
 
Putra Manan, Tresna Yudistira mengatakan, tahlilan akan dilakukan tiga malam berturut-turut sejak Jumat (18/1) sampai Minggu (20/1). Selanjutnya tahlilan akan diadakan pada hari ke tujuh, hari ke-40, hari ke 100, dan hari ke-1000 pasca kepergian Manan. (eks) (152)

Pemikiran Manan Sasmita Sangat Tajam



BERDUKACITA: Sahabat dan keluarga berduka cita atas meninggalnya Manan Sasmita. Nampak jenazah almarhum saat akan dibawa ke masjid di lingkungan Perumahan BP Batam di Sekupang. Selain pejabat dan pegawai BP Batam, hadir Wawako Batam, Gubernur, Wagub Kepri, dan lainnya.
BERDUKACITA: Sahabat dan keluarga berduka cita atas meninggalnya Manan Sasmita. Nampak jenazah almarhum saat akan dibawa ke masjid di lingkungan Perumahan BP Batam di Sekupang. Selain pejabat dan pegawai BP Batam, hadir Wawako Batam, Gubernur, Wagub Kepri, dan lainnya.

Pejabat Kepri dan Batam Kehilangan Mantan Wali Kota WAKIL Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Manan Sasmita, meninggal dunia, Jumat (18/1) kemarin. Almarhum di TPU Sei Temiang seusai salat Jumat.

Meninggalnya mantan Pejabat Wali Kota Batam 2004-2005 ini, sempat menghentak rekan dan para koleganya. Pria kelahiran Bogor, 27 Juni 1950 ini, meninggal di kediamannya di Batam. Kepergian Manan yang tiba-tiba itu, meninggalkan duka mendalam bagi keluarga hingga Gubernur Kepri, H Muhammad Sani.

Pelabuhan Tanjung Sauh Berkapasitas 4 Juta TEUs

PELABUHAN TERSIBUK : Pelabuhan batuampar ini paling sibuk di Kepri sebagai tempat bongkar muat barang. Karena itulah, untuk mengatasi tingginya aktifitas di pelabuhan ini, BP Batam berencana membangun pelabuhan baru yang kapasitasnya 20 kali lipat dibandingkan pelabuhan ini.
PELABUHAN TERSIBUK : Pelabuhan batuampar ini paling sibuk di Kepri sebagai tempat bongkar muat barang. Karena itulah, untuk mengatasi tingginya aktifitas di pelabuhan ini, BP Batam berencana membangun pelabuhan baru yang kapasitasnya 20 kali lipat dibandingkan pelabuhan ini.

RENCANA tata ruang wilayah (RTRW) Batam dan Kepri belum juga selesai. Demikian pula halnya dengan status Tanjung Sauh yang sudah diusulkan masuk kawasan Free Trade Zone (FTZ), belum turun dari pusat. Tanjung Sauh di RTRW Batam yang sedang proses padu serasi di pusat, belum ditentukan peruntukannya.

Demikian disampaikan Gubernur Kepri, HM Sani kepada wartawan di Sekupang, Jumat (18/1). Diakui, RTRW sudah selesai dari Kementerian Kehutanan. Sekarang masih finalisasi padu serasinya.

”Sekarang kan masih diusulkan ke pusat untuk Tanjung Sauh masuk kawasan FTZ, tapi belum keluar keputusan. Tapi lahan di sana, di RTRW, tidak masuk kawasan hutan,” ungkapnya.

Pembatasan Impor Penyebab Lonjakan Harga

Sabtu, 19 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM (HK) - Kenaikan harga-harga kebutuhan pokok di Batam selain faktor cuaca, juga karena minimnya pasokan, termasuk produk impor yang selama ini mampu menekan harga-harga di Batam. Demikian disampaikan Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam Fathullah baru-baru ini.


Dikatakan Fathullah, kebutuhan masyarakat Batam semakin hari semakin meningkat, sementara bahan pokok yang tersedia di Batam sedikit. Hal ini telah mendorong terjadinya kenaikan harga.

Wakil BP Batam Tidak Mesti dari Dalam

Senin, 21 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM CENTRE (HK) - Ketua Dewan Kawasan (DK) BBK, HM Sani mengatakan, calon yang akan menduduki jabatan Wakil Kepala BP Batam yang ditinggalkan Manan Sasmita karena meninggal dunia Jumat pekan lalu tidak mesti dari kalangan internal BP Batam.


" Bisa saja pengganti Manan dari luar. Tidak mesti dari internal BP Batam," kata Sani yang  ditemui usai mengahadiri pelantikan sayap Ormas Nasional Demokrat di Gedung Sumatera Promotion Centre, kemarin.

FTZ BATAM: Status Pulau Tanjungsauh Masih Menggantung

18 Januari 2013 (Sumber : Bisnis Kepri)

BATAM– Tanjungsauh yang akan dijadikan pelabuhan “transhipment” terbesar di Indonesia bagian barat belum masuk dalam Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.
“Tanjungsauh belum masuk FTZ, sedang kami usahakan,” kata Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani, Jumat (18/1/2013).
Ia mengatakan pemerintah sedang berupaya Tanjungsauh masuk dalam KPBPB Batam agar praktek transhipment berjalan baik.

Hang Nadim dapat Tampung 8,3 Juta Penumpang

Senin, 21 Januari 2013 (Sumber : Posmetro Batam)

BATAM, METRO : Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Hang NAdim Batam pada 2012, diprediksi meningkat dibandingkan 2011. Ini terlihat dari data kedatangan dan keberangkatan per September yang sudah menembus angka 2,6 juta.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan, hal yang sama juga terjadi pada pergerakan pesawat udara. "Untuk pergerakan pesawat itu sekitar 22.723 per September 2012. Sementara untuk pergerakan kargo yang datang sekitar 28 juta kilogram. Sedangkan yang berangkat dari Batam sekitar 19 juta kilogram," ujarnya saat ditanyai wartawan kemarin.

Jumat, 18 Januari 2013

TANJUNGSAUH BELUM MASUK KAWASAN BEBAS BATAM

Jumat, 18 Januari 2013 (sumber : ANTARA)

Tanjungsauh yang akan dijadikan pelabuhan "transhipment" terbesar di Indonesia bagian barat belum masuk dalam Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

"Tanjungsauh belum masuk FTZ, sedang kami usahakan," kata Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani di Batam, Jumat.

Ia mengatakan pemerintah sedang berupaya Tanjungsauh masuk dalam KPBPB Batam agar praktek transhipment berjalan baik.

Jenazah Manan Sasmita Menuju Sei Temiang


Jumat, 18 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)

Jenazah Wakil Ketua BP Batam, Manan Sasmita saat ini diantar ke pemakaman Sei Temiang. Puluhan kendaraan dan sekitar 100 pelayat mengantar jenazah ke peristirahatan terakhir.

Manan Sasmita meninggalkan istri, Rosniwati, dan dua orang anak. Mantan Penjabat Walikota Batam ini diketahui memiliki penyakit jantung dan pernah melakukan operasi bypass beberapa tahun lalu. (eks)

Manan Sempat Salat Subuh dan Minta Susu

Jumat, 18 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)

Kepergian Manan Sasmita bikin kaget seluruh kolega termasuk anak dan menantunya. Betapa tidak, Wakil Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) ini masih terlihat sehat sebelumnya.

Berdasarkan penuturan sejumlah kerabat almarhum sebelumnya masih menunaikan salat subuh, Jumat (18/1) di kamar tidurnya dan sempat meminta susu.

Tapi belum diketahui apakah susu yang diminta itu sempat diminum apa tidak hingga ia menghadap sang pencipta, Allah SWT.

Tiga hari lalu, mantan Wali Kota Batam ini kembali dari Johor, Malaysia check up kesehatannya.

Manan Sasmita Besar di Tanjungpinang

Jumat, 18 Januari 2013 (sumber Batam Pos)

Almarhum Manan Sasmita lahir di Bogor 27 Juni 1950. Karir pegawai negeri sipilnya cukup kinclong setelah tamat dari APDN Pekan Baru tahun 1972.

Ia beberapa kali menjadi Camat di Kecamatan Moro, Kateman, Enok, dan Belakangpadang.

Kemudian menjadi ketua Bapeko Batam, Kepala Bapedalda Pelalawan, Sekda Kota Batam dan pejabat Wali Kota Batam tahun 2004-2005.

Ayah dua anak ini memulai pendidikan di Sekolah Rakyat (SR) Bogor tahun 1963, SMP Negeri Tanjungpinang tahun 1967, SMEA Tanjungpinang tahun 1970 dan lulus S1 di USU Medan tahun 1985.

Karier terakhir almarhum adalah Wakil Ketua BP Batam hingga saat ini.(spt)

Umrah, Wako Tidak Melayat

Jumat, 18 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan tidak terlihat di rumah duka almarhum Manan Sasmita. Menurut Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata, orang nomor satu di Batam itu sedang menjalankan ibadah umrah.

“Bapak (Ahmad Dahlan, red) sedang umrah, tapi hari ini beliau sudah akan kembali,” katanya di sambungan telepon.

Kabar meninggalnya Manan Sasmita yang sempat menjabat sebagai Wali Kota Batam, menurutnya telah disampaikan ke Ahmad Dahlan.

“Tadi sudah saya kabarkan ke Pak Wali,” katanya. (hsl) (128)

Sehari Sebelumnya Ikut Rapat

Jumat, 18 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)
Direktur Humas BP Batam Dwi Joko Wiwoho mengatakan sehari sebelum meninggal, Wakil Kepala BP Batam Manan Sasmita masih menghadiri rapat di gedung BP Batam, Batam Centre.
“Beliau masih ikut rapat kemarin (17/1) siang. Lewat stafnya, beberapa orang dijadwalkan bertemu membahas sejumlah urusan hari ini,” kata Joko, yang ditemui di rumah duka, siang ini.
Namun pembahasan yang dijadwalkan itu tak pernah terjadi. Manan dipanggil menghadap Sang Khalik pada pagi ini. Belum diketahui pasti penyebab meninggalnya. Joko mengatakan, Manan memiliki riwayat penyakit jantung dan sudah pernah mengalami operasi By Pass. (eks) (146)

Wakil Gubkepri Ikut Melayat

Jumat, 18 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)
Rumah almarhum Manan Sasmita di Jalan Piere Tandean No.1 Sekupang telah penuh dengan pelayat. Sejumlah pejabat dari BP Batam, Pemprov Kepri, Pemko Batam, dan DPRD telah datang di rumah duka.
 
Beberapa di antaranya Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, Wakil Walikota Rudi, Anggota DPRD Irwansyaah, Direktur Pengamanan BP Batam Cecep Rusmana, Direktur Humas Dwi Joko Wiwoho, dan sejumlah kepala dinas. Selain mereka, karyawan BP Batam juga memenuhi rumah duk.
 Manan Sasmita meninggal pagi ini. Sejumlah kerabat mengaku dikabari sekitar pukul 09.00 WIB. Rencananya almarhum akan dimakamkan usai Salat Jumat di pemakaman Sei Temiang. (eks) (178)

Almarhum Manan Dimakamkan Usai Salat Jumat

Jumat, 18 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)
Jenazah Wakil Ketua BP Batam, Manan Sasmita menurut rencana akan dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Seitemiang, usai Salat Jumat siang ini. Almarhum rencananya akan disalatkan di Masjid Al-Mulk Sekupang.

Saat ini jenazah almarhum masih berada di kediamannya Jalan Palapa, Kompleks Telkom, Sekupang.
Almarhum, kata Direktur Humas dan PTSP BP Dwi Djoko Wiwoho wafat tidak diketahui pasti jam berapa waktu tepatnya.

Sekilas tentang Manan Sasmita

Jumat,18 Januari 2013 (sumber : Batam Pos)

Manan Sasmita pernah menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam. Kala itu Walikota definitif, Nyat Kadir, mundur untuk maju dalam rivalitas Pilkada Gubernur Kepulauan Riau pada 2005.

Saat itu jabatan definitif Manan ialah Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam menggantikan, Mambang Mit.

Manan melepas jabatan Pejabat Wali Kota Batam, ia menjadi Kepala Biro Pemasaran dan Humas Otorita Batam, lalu dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Operasi OB menggantikan Mayjen (Purn) Benyamin Balukh yang memasuki masa pensiun.

‎​Terakhir Manan Sasmita menjabat sebagai Wakil Kepala BP Batam. (204)

BP BATAM ANUGRAHI SEMBILAN PERUSAHAAN PELAYARAN

Kamis, 17 Januari 2013 (sumber : ANTARA) Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam memberikan anugrah kepada sembilan perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran nasional.

Penghargaan diberikan di Batam, Kamis, kepada tiga kategori perusahaan yang dinilai tertib administrasi dan pembayar jasa kepelabuhanan terbesar di Batam.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana BP Batam I Wayan Subawa mengatakan pemberian penghargaan itu untuk merangsang daya saing usaha pengguna jasa kepelabuhanan di Batam.

PULUHAN PEJABAT HADIRI PEMAKAMAN MANAN

 
JUMAT, 18 Januari 2013 (sumber : ANTARA
Puluhan pejabat lingkungan Pemerintah Kota Batam, Badan Pengusahaan Batam dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menghadiri pemakaman Wakil Kepala BP KPBPB Batam Manan Sasmita di Batam, Jumat.

Manan Sasmita meninggal di kediamannya di Batam, Jumat (18/1) subuh, meninggalkan seorang istri dan dua putra dan putri. Jenazah mantan pejabat sementara Wali Kota Batam itu dikebumikan selepas Shalat Jumat di TPU Sei Temiang.

Gubernur Kepri Muhammad Sani, Wakil Gubernur Kepri Soeryo Respationo, Wakil Wali Kota Batam Rudi, pejabat BP Batam serta kepala dinas dari Pemprov Kepri dan Pemkot Batam terlihat di antara para pelayat yang memadati rumah duka.

Baru Dapat Cucu Baru, Manan Sasmita Sangat Bahagia

Jumat, 18 Januari 2013 (Sumber : Tribun Batam)

"beliau bahagia sekali saat tahu cucunya lahir kemarin,"
Laporan Tribun Batam, Anne Maria
TRIBUNBATAM, BATAM - Kepergiaan mantan Walikota Batam, Manan Sasmita dirsakan sangat mendadakan oleh sebagian pejabat dan masyarakat.
Sosok yang dinilai tegas dalam bekerja ini, menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat(18/1/2012) sekitar pukul 05.00 WIB.
"Untuk penyebabnya kita masih belum tahu pasti. Kami masih menunggu keterangan dari dokternya. Memang beliau ada sakit jantung, namun kami belum tahu apakah itu penyebabnya atau tidak," kata Kasubag Humas BP Batam, Yudi.
Yudi juga mengatakan beberapa waktu lalu, Almarhum terlihat sangat senang ketika mendapat cucu baru dari anak perempaunnya.
"beliau bahagia sekali saat tahu cucunya lahir kemarin," kenang Yudi.

Selamat Jalan Manan Sasmita.....

Jum'at, 18-01-2013 (Sumber : Batam Today)
Almarhum Manan Sasmita (kiri) saat berbincang dengan mantan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika. (Foto: Istimewa)
 

BATAM, batamtoday - Manan Sasmita, mantan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, meninggal dunia, Jumat (18/1/2013) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kabar meninggalnya Manan diterima batamtoday dari Ria Saptarika, mantan Wakil Wali Kota Batam, yang mengabarkan berita duka itu melalui akun media sosialnya.

"Berita duka: Telah wafat mntn Walikota Batam "Drs.Manan Sasmita" +/-09wib hr ini,rumahduka Jl.Palapa.Skpng.Btm. Allahumafilahu," demikian bunyi status akun Ria Saptarika, sekitar pukul 10.00 WIB.

UWTO Digunakan untuk Pembangunan Infrastruktur

Jumat, 18 January 2013 (sumber : Haluan Kepri)
BATAM CENTRE (HK) - Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan mengatakan, Uang Wajib Tanah Otorita (UWTO) yang dibayarkan masyarakat selama ini pada prinsipnya digunakan untuk membiayai infrastruktur di Kota Batam.


" UWTO, itu kembali untuk memperbaiki infrastruktur yang ada di Batam, seperti jembatan, jalan nasional, perawatan gedung," jelas Ilham, kemarin.

BANDARA BATAM: BP Alokasikan Lahan 12 Hektare untuk Hanggar Perawatan Lion Air

Oleh adminkepri on Jan 18th, 2013 (Sumber : Bisnis Kepri)

BATAM–Badan Pengusahaan (BP) Batam memproses permintaan Lion Air untuk tambahan lahan seluas 12 hektar di kawasan Bandara Hang Nadim.
Lahan tersebut akan digunakan maskapai tersebut untuk pembangunan lini maintenance repair and overhaul (MRO) di Batam.
Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan mengatakan sebelumnya Lion Air sudah memperoleh lahan seluas empat hektar untuk lini MRO namun kemudian bertambah menjadi 12 hektar.

Banjir Jakarta Tak Ganggu Penerbangan ke Batam


Jum'at, 18-01-2013 (Sumber : Batam Today)
Bandara Hang Nadim Batam.
 
BATAM, batamtoday  - Banjir yang melanda Jakarta tidak berpengaruh terhadap aktivitas penerbangan menuju Batam meski ada beberapa jadwal yang terpaksa dialihkan.

"Secara umum tak mengganggu jadwal, namun beberapa penerbangan mengalami pengalihan waktu," kata Suwarso, Kabag Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (18/1/2013).

Suwarso menyebut maskapai yang mengalami pengalihan jadwal penerbangan yakni Garuda Indonesia yang dijadwalkan pukul 09.00 WIB, dialihkan menjadi pukul 14.00 WIB.

Pemilik Kavling di Batam Dihimbau Segera Bayar UWTO

Jum'at, 18-01-2013 (Sumber : Batam Today)

 
BATAM, batamtoday - Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan bahwa iuran Uang Wajib Tanah Otorita (UWTO) yang dipungut dari masyarakat oleh BP Batam digunakan untuk perbaikan infrastruktur seperti pelabuhan dan jalan.

Dijelaskan oleh Ilham, UWTO dibebankan kepada masyarakat per 30 tahun. Pasalnya seluruh lahan atau tanah di Batam merupakan milik negara, sehingga setiap orang yang memanfaatkan tanah wajib membayar dan memperpanjang UWTO.

PULUHAN PEJABAT HADIRI PEMAKAMAN MANAN

Batam, 18/1 (ANTARA) - Puluhan pejabat lingkungan Pemerintah Kota Batam, Badan Pengusahaan Batam dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menghadiri pemakaman Wakil Kepala BP KPBPB Batam Manan Sasmita di Batam, Jumat.

Manan Sasmita meninggal di kediamannya di Batam, Jumat (18/1) subuh, meninggalkan seorang istri dan dua putra dan putri. Jenazah mantan pejabat sementara Wali Kota Batam itu dikebumikan selepas Shalat Jumat di TPU Sei Temiang.

Gubernur Kepri Muhammad Sani, Wakil Gubernur Kepri Soeryo Respationo, Wakil Wali Kota Batam Rudi, pejabat BP Batam serta kepala dinas dari Pemprov Kepri dan Pemkot Batam terlihat di antara para pelayat yang memadati rumah duka.

Djoko: Sebelumnya Beliau Masih Sehat dan Memimpin Rapat

 Jumat, 18 Januari 2013
 (Sumber : Tribun Batam)

TRIBUNBATAM, BATAM
- Direktur Humas dan PTSP BP Batam, Djoko Wiwoho mengatakan sehari sebelum meninggal Manan Sasmita masih terlihat sehat.

Bahkan sebagai Wakil Kepala BP Batam, Manan masih menghadiri rapat bersama jajaran pimpinan instansi yang dulu bernama Otorita Batam tersebut.

"Kemarin masih rapat kok. Masih biasa saja," kata Djoko mengenang almarhum.

Djoko mengaku pertama kali mendengar kabar tentang meninggalnya Manan justru dari seorang rekan media yang coba konfirmasi. Setelah dicek ke tempat tinggal Manan di perumahan OB di Sekupang, barulah ia yakin

Gubernur: Selamat Jalan Saudaraku. Mudah-mudahan Saudaraku Diterima di sisi Allah

 Jumat, 18 Januari 2013

manan-sasmita.jpg
Tribun Batam/Istimewa/flicker Ria Saptarika
Manan Sasmita (kiri) bersama Ria Saptarika
 (Sumber : Tribun Batam)
"Selamat jalan saudaraku. Mudah-mudahan saudaraku diterima di sisi Allah,"

HM SANI
Gubernur Kepri

TRIBUNBATAM, BATAM
- Gubernur Kepri Haji Muhammad Sani menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Manan Sasmita.

Manan Sasmita sudah cukup lama mengabdi sejak jadi camat sampai terakhir menjadi wakil kepala BP Batam. Cukup banyak yang sudah dibuat untuk masyarakat.

Semoga yang telah dibuat itu menjadi teladan bagi kita yang ditinggalkan. Dan menjadi bekal amal saleh baginya.

Pelabuhan Batam Sumbang APBN Rp 120 Miliar

Jumat, 18 Januari 2013 (Sumber : Tribun Batam)
 
Industri pelabuhan dan kepelabuhanan di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam menyumbang Rp120 miliar untuk APBN 2012.  Angka itu akan meningkat di tahun 2013 menyusul kebijakan negara Singapura yang membatasi industri pelayaran sehingga peluang Batam untuk mengambil alihnya.

"Pendapatan pelabuhan Batam yang disetor ke Pendapatan Negara Bukan Pajak Rp120 miliar pada 2012," kata Kepala Kantor Pelabuhan Batam Hari Setyobudi di Batam, Kamis (17/1).

Mantan Walikota Batam Manan Sasmita Tutup Usia

Jumat, 18 Januari 2013

manan-sasmita.jpg
Tribun Batam/Istimewa/flicker Ria Saptarika
Manan Sasmita (kiri) bersama Ria Saptarika

TRIBUNBATAM, BATAM
- Siapa yang tidak mengenal sosok Manan Sasmita. Mantan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam pasca mundurnya Nyat Kadir dari Batam satu untuk maju bertarung dalam Pilkada Gubernur Kepulauan Riau pada 2005 silam tersebut.

Hari ini, Jumat(18/1/2012) pulang kehariabaan Sang Pemilik hidup. Allah SWT.

Manan Sasmita Meninggal Dunia Selepas Subuh

Jumat, 18 Januari 2013

manan-sasmita1.jpg
Tribun Batam/Argianto
Wakil Kepala BP batam, Manan Sasmita menjelaskan master plan pembangunan RSOB kepada sejumlah anggota DPR RI dari komisi VI di RSOB, Sekupang, Batam, beberapa waktu lalu


TRIBUNBATAM, BATAM
- Kabar meninggalnya mantan Walikota Batam, Manan Sasmita beredar cepat di beberapa kalangan.

Walhasil Hingga saat ini sejumlah pejabat hingga masyarakat sudah mulai berdatangan ke rumah duka Almarhum yang terletak di jalan Pierre Tandean nomor 1 Tanjungpinggir, Sekupang.

Mulai dari Walikota Batam, Rudi, pejabat lingkungan Pemko, BP Batam, dan sejumlah pengusaha diantaranya Oka Simatupang melakukan lawatan atas meninggalnya pria kelahiran Bogor, 27 Juni 1950 itu.