Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 27 April 2010

Manfaat Penyesuaian Tarif (Bagian 2)





Ditulis oleh BENNY ANDRIANTO ,
Jumat, 23 April 2010 08:29 (sumber Batam Pos,versi asli)

PADA tulisan terdahulu kita telah membaca tentang mengapa tarif harus disesuaikan, dan seberapa efisien ATB di tengah kondisi ekonomi saat ini. Saat ini marilah kita ikuti tentang manfaat penyesuaian tarif. Sudah semestinya kenaikan tarif harus selalu memberikan manfaat sebesar – besarnya bagi masyarakat Batam pada umumnya dan pelanggan Batam pada khususnya.

Bila kita memperhatikan ting-kat pertumbuhan pelanggan, se-lama 14 tahun pelanggan telah meningkat dari 13 ribu menjadi 175 ribu perbulan Maret 2010. Artinya terdapat peningkatan lebih dari 1300 persen atau 13 kali lipat.

Sementara kapasitas suplai meningkat dari 450 l/det menjadi 2835 l/det atau terdapat peningkatan hampir 650 persen.
Nilai investasi hingga saat ini telah lebih dari Rp460 miliar, dan lebih dari Rp240 miliar telah kembali ke pemerintah baik melalui pajak kepemerintah pusat, pajak ke pemerintah daerah, maupun pembayaran royalti. Ini semua karena peningkatan tarif, tidak ada yang sia – sia.

Pada penyesuaian tarif yang lalu kami telah berhasil mening-katkan kapasitas sebesar 650 l/det, yaitu melalui pembangunan WTP Tanjung Piayu II dan WTP Duriangkang III. Pembangunan jaringan trans-misi dari Simpang Beringin ke Simpang Plamo, pipa distribusi dari Duriangkang ke Kabil, Duriangkang ke Tanjung Piayu, dan dari Ladi ke Tiban. Atau lebih dari 220 km pipa baru telah dipasang hingga tahun 2009. Selama 2 (dua) tahun ATB telah menambah sambungan baru sebesar lebih dari 34 ribu dan hingga saat ini tidak ada pelanggan dalam waiting list, kecuali yang sedang menunggu persiapan jaringan.

Kami menyadari bahwa saat ini masih terdapat daerah yang belum mendapat aliran air secara penuh, baik karena kontinuitas maupun kualitas air, sehingga pelanggan merasa kurang puas dengan pelayanan ATB. Namun demikian sebenarnya telah terdapat peningkatan kualitas selama 2 (dua) tahun terakhir. Pada tahun 2007 terdapat lebih dari 30 persen daerah yang mengalami stress area, akan tetapi saat ini daerah yang mengalami stress kurang dari 8 persen.

Penyesuaian tarif akan selalu dibutuhkan guna terus memperbaiki kualitas layanan dan jangkauan pelayanan. Pada kesempatan ini, ATB mohon maaf yang sebesar– besarnya kepada pelanggan yang tinggal di wilayah tertentu di Batuaji dan sekitarnya dan juga beberapa daerah Bengkong, karena hingga saat ini ATB masih belum mampu melayani air secara kontiniu.

Tetapi dengan penyesuaian tarif ini diharapkan dalam waktu 8-10 bulan kedepan kualitas pelayanan air ATB di Batuaji dan sekitarnya pasti akan meningkat secara signifikan. Banyak pihak menyampaikan bahwa penyesuaian tarif hanya akan memberikan keuntungan bagi ATB saja, karena ATB adalah perusahaan swasta yang tentunya pasti berorientasi pada profit.

Hal itu mungkin ada benarnya, kalau ATB berorientasi pada profit, tetapi sebenarnya itu tidak 100 persen benar. Sebagai tambahan informasi bahwa selama 3 tahun kedepan ATB berencana untuk melakukan penambahan investasi baru sebesar hampir Rp400 miliar.

Dan itu artinya bahwa jumlah investasi yang ditanamkan selama 3(tiga) tahun hingga tahun 2011, lebih besar dari total investasi yang ditanamkan ATB selama 13 tahun terakhir atau selama 16 tahun. ATB akan memiliki total investasi sebesar 0.74 trilliun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar semua bentuk penyesuaian tarif telah dan akan dikembalikan dalam bentuk investasi, dan ini semua adalah hanya untuk memberikan kepuasan pelangan yang lebih baik.

Lebih dari itu semua artinya adalah bahwa penerimaan pemerintah yang akan diterima baik dalam setoran pajak dan penerimaan lain serta nilai akhir aset ATB akan menjadi sangat besar. Kesimpulan akhirnya, pelang-gan dan pemerintahlah yang pada akhirnya akan mendapatkan manfaat terbesar dari setiap penyesuaian tarif.

Pada tahun 2010 ini ATB akan menambah kapasitas pengolahan air sebesar 700 l/det dengan membangun IPA Duriangkang IV yang diperkirakan akan selesai per April 2011. Saat ini kapasitas terpasang sebesar 2.835 l/det hanya akan bertahan hingga Maret 2011, sehingga keterlambatan pembangunan Duriangkang IV akan berakibat adanya kekurangan suplai air ke pelanggan.

Di samping itu tambahan kapasitas ini akan mampu menangani setidaknya 70,000 tambahan sambungan pelang-gan baru dan akan mampu bertahan hingga setidaknya tahun 2013. ATB juga akan memasang pipa distribusi diameter 800 mm dari Simpang Panbil hingga Tembesi atau sepanjang lebih kurang 6 km. Pipa ini nantinya akan digunakan untuk suplai air ke wilayah Batu Aji dan sekitarnya, sehingga dengan selesainya pipa ini diharapkan kualitas pela-yanan suplai ke daerah tersebut akan meningkat.

Semua hal tersebut diluar ke-giatan rutin untuk terus mere-majakan jaringan, memelihara jaringan dan memberikan tam-bahan sambungan baru. Semua upaya tersebut adalah untuk tetap bisa meningkatkan caku-pan pelayanan yang saat ini telah mencapai 95 persen.

Dikembalikan ke Pelanggan

Saat ini ATB juga telah melakukan berbagai program kepedulian sosial CSR (corporate social responsibility) yang pada akhirnya dinikmati kembali oleh masyarakat Batam. Program yang mendukung kesehatan seperti adanya program donor darah. Disamping itu juga melalui berbagai aktifitas olah raga melalui even ATB Cup pada cabang Futsal, Volley, dan Badminton. Baru – baru ini ATB berhasil menggelar turnamen Futsal akbar yang memperebutkan piala bergilir ATB yang diselenggarakan tepat pada Hari Air Sedunia tanggal 22 Maret yang baru lalu.

Dalam waktu dekat akan segera diresmikan beberapa water fountain (air siap minum) di beberapa lokasi utama di kota Batam. Seperti di bandara Hang Nadim, Ferry Terminal Batam Centre, BP Batam, Pemko Batam, dan Kantor Pusat ATB. Kedepan akan dilakukan pengembangan ke sekolah– sekolah, sehingga nanti bisa membantu para siswa untuk mengenal air lebih dekat. ni semua adalah merupakan sebagian dari kontribusi ATB kepada masyarakat Batam.

Program Beasiswa

ATB akan segera meluncurkan program ATB Bea Siswa Peduli untuk seluruh siswa di Batam, sehingga nantinya mulai tahun ajaran baru Juli 2010 para siswa di Batam dapat mulai menik-matinya. Kami juga ingin membantu dan memberi kontribusi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Memang bahwa Beasiswa ini untuk pertama-tama hanya ditujukan kepada siswa yang berprestasi, dan semoga pada kesempatan yang akan datang mampu menjangkau kriteria yang lebih luas.

Satu hal yang tidak pernah terlupakan adalah program pemeliharaan lingkungan. Kelangsungan air sebagai sumber kehidupan tidak terlepas dari kemampuan kita menjaga lingkungan. Efek pemanasan global berakibat sangat buruk pada ketersedian air di Bumi ini. Apalagi bagi Batam yang nota bene hanya tergantung pada curah hujan.

Keberadaan lingkungan yang hijau terutama di daerah tangkapan air perlu harus dijaga dari waktu ke waktu. ATB menggalakkan program penana-man pohon diberbagai kesempatan, baik didaerah tangkapan air maupun juga di sekolah sekolah. Marilah kita jaga lingkungan hidup ini agar tetap hijau dan asri, sehingga ketersedian air dapat terus bertahan hingga masa depan. Apakah Indeksasi? (bersambung)

*Wakil Presiden Direktur ATB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar