Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 07 November 2012

BP Batam Terapkan Sistem LPSE


Migrasi Sistem Aplikasi e-Procurement

BATAM (HK)- Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melakukan migrasi sistem aplikasi pengadaan barang/jasa secara elektronik dari selama ini menggunakan aplikasi SePP (sistem elektronik pengadaan pemerintah) sejak tahun 2008,  akan beralih ke LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik). Sistem ini dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk pelaksanaan tahun anggaran 2013 dengan address http://lpse.bpbatam.go.id.

Migrasi penggunaan aplikasi pengadaan barang/jasa ini merupakan upaya yang dilakukan BP Batam untuk mengoptimalkan sistem layanan nasional (Portal Pengadaan Nasional) pengadaan barang/jasa secara elektronik.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, serta untuk melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 17 tahun 2012 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi tahun 2012.

Dalam rangka peningkatan pengetahuan akan penggunaan aplikasi LPSE tersebut, BP Batam melaksanakan pelatihan gelombang pertama penggunaan aplikasi e-procurement bagi para karyawan BP Batam dan bagi para mitra pelaku usaha dalam penyediaan barang/jasa yang akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 6 dan 7 November di Gedung A IT Centre BP Batam di Batam Centre.

Kegiatan pelatihan ini dipandu oleh para trainer mandiri di lingkungan BP Batam yang sudah terakreditasi/bersertifikat.

Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi (PDSI) BP Batam, Donald Panjaitan menjelaskan, bahwa sejarah e-procurement di BP Batam dimulai pada tahun 2007, dimana saat itu masih dalam tahap persiapan, dan dilanjutkan dengan tahap implementasi pada tahun 2008, dan tahapan pengembangan di tahun 2009.

Pada bulan April 2011 sudah dilakukan koordinasi dengan LKPP dan sudah mengikuti TOT di LKPP yang dilanjutkan dengan installer Sistem SPSE di BP Batam. (r/and)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar