Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 01 November 2012

Rusun Sebaiknya Dikelola Badan Tersendiri

JODOH (HK)- Pengelolaan rumah susun (rusun) di Kota Batam sebaiknya dikelola oleh badan tersendiri. Selama ini, pengelolaan rusun masih di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Tata Kota (Distako) Kota Batam.

"Usulan saya, memang sebaiknya rusun dikelola oleh badan sendiri. Seperti di Rumah Sakit Umum Daerah Batam kan dikelola BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). Usul saya, sebaiknya seperti itu juga," ujar Kepala Distako Kota Batam Gintoyono Batong, Rabu (31/10).

Kata Gintoyono, mengelola rusun semakin berat, karena akan ada 21 twin blok rusun yang akan dilimpahkan pemerintah pusat kepada Pemko Batam. Saat ini, 21 rusun itu berada di bawah pengelolaan UPT Distako. Sebelum rusun tersebut diserahterimakankepad aPemko Batam, terlebih dajulu diminta untuk diperbaiki karena ada tiga twin blok yang rusak ringan.

"Saat ini, ada 21 twin blok yang sudah terisi sekitar 90 persen. Di antara 21 twin blok itu ada empat twin blok yang belum diserahterimakan ke kita di kawasan Tanjunguncang. Tiga di antaranya mengalami rusak ringan," katanya.

Kata dia, proses penyerahterimaan 21 twin blok rusun itu masih menunggu dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Karena saat ini, berkasnya sudah diserahkan ke Kementerian Keuangan, yang selanjutnya diserahkan ke Presiden. Hal itu lantaran nilai asetnya di atas Rp10 miliar.

"Mengenai kapan waktunya, kita belum tau. Yang jelas, Senin kemarin berkas dari Kementrian PU sudah diserahkan ke Kementerian Keuangan. Ini kan secara nasional bukan cuma Batam saja," katanya. (cw56)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar