Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 09 Agustus 2010

Menlu Singapura Resmikan Gedung Konsulat

BATAM CENTRE- Menteri Luar Negeri Singapura, George Yeo meresmikan gedung Konsulat Singapura yang berkantor di gedung Sumatera Convention Centre (SCC), Jumat (6/8) pagi. Keberadaan konsulat Singapura menandakan bahwa Pemerintah Singapura ikut mendukung Batam sebagai kawasan FTZ.

George Yeo mengatakan, keberadaan Konsulat Singapura di Batam merupakan cerminan hubungan dekat antara Singapura dan Kepri. Ikatan kerja sama dalam bidang perekonomian antara Singapura dan Batam, sebetulnya sudah lama dilakukan sejak tahun 2006 silam, dengan ditandai antara Pemerintah Indonesia dan Singapura menandatangani kerja sama FTZ Batam, Bintan dan Karimun (BBK).

"Adanya kerja sama tersebut, maka Pemerintah Singapura memutuskan untuk membuka konsulat di Batam. Harapannya, dapat bekerja sama dengan Kedutaan besar di Jakarta dan Konsulat di Pekanbaru," katanya.

George menambahkan, alasan lain hadirnya Konsulat Singapura dikarenakan warga Singapura banyak datang ke Batam. Ia memprediksikan bahwa 70 persen dari total pengunjung ke Batam merupakan warga Singapura.

"Kehadiran konsulat ini dapat membantu warga kami yang berada di Batam. Sehingga bisa mendorong lebih banyak lagi warga Singapura untuk datang ke Batam maupun Kepri," ujarnya.

Selain itu, kata George, Singapura siap memainkan peranannya untuk menguatkan hubungan Singapura dan Kepri dalam perkembangan FTZ. "Hal ini membutuhkan komitmen yang kuat dari kedua belah pihak," tuturnya.

#HUT Singapura

Sementara itu, Pemerintah Singapura kembali merayakan hari jadi negaranya ke-45 yang jatuh pada 6 Agustus. Perayaan Hari Kemerdekaan Singapura yang keempat kalinya di Batam sejak tahun 2004, dilaksanakan di Hotel i, tadi malam.

Dari Pemerintah Singapura, dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Singapura George Yeo dan sejumlah pejabat negara itu. Sedangkan dari Pemprov Kepri dan Pemko Batam, hadir Gubernur Kepri HM Sani, Wakil Ketua DPRD Kepri Soerya Respationo. Serta Asisten Ekonomi Pembangunan Pemko Batam Syamsul Bahrum, Kepala Dinas Pariwisata Guntur Sakti dan unsur muspida Kepri dan Kota Batam.

"Tahun ini perayaan Kemerdekaan Singapura terasa sangat spesial, karena di hari yang sama kami juga meresmikan gedung Konsulat Singapura di Batam," tutur George Yeo dalam sambutannya.

Ia mengatakan, peresmian gedung Konsulat Singapura merupakan bentuk komitmen Pemerintah Singapura meningkatkan hubungan kerja sama dengan Provinsi Kepri dan Batam, khususnya bidang ekonomi. Yeo juga berharap agar ke depan hubungan ekonomi dua negara bisa ditingkatkan lagi.

HM Sani menyambut baik perayaan HUT Singapura di Batam. Ini menandakan bahwa hubungan Singapura dan Kepri serta Batam sangat baik.

"Mudah-mudahan ke depannya kita bisa meningkatkan lagi kerja sama di semua bidang," ujarnya. (sm/li/dh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar