Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 19 Agustus 2010

Desak Pelabuhan Batuampar Dibangun





Kamis, 19 Agustus 2010 09:24 (sumber Batam Pos,versi asli)

Investor Compagnie Maritime D’Affretement Compagnie Generale Maritime (CMA-CGM) Prancis selaku pemenang tender pembangunan pelabuhan kontainer Batuampar sejak 2005, sampai kini belum juga dikerjakan. Padahal, Batam telah memasuki era perdagangan bebas dan pelabuhan bebas (Free Trade Zone/FTZ), volume ekspor impor barang diperkirakan akan mengalami lonjakan.

”Dewan mendesak Badan Pengusahaan (BP) Batam segera merealisasikan pembangunan dermaga sepanjang 700 meter itu di Batuampar yang menelan investasi 250 juta dolar AS,” ujar anggota Komisi II DPRD Kota Batam yang membidangi Ekonomi, Keuangan, dan Industri, Rudi akhir pekan lalu.

Apalagi, kata Rudi, pemerintah pusat telah mengeluarkan landasan hukum Undang-Undang (UU) Nomor 44 tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas serta mengeluarkan petunjuk pelaksananya dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam, semestinya pelabuhan kontainer Batuampar sebagai fasilitas penunjang sudah seharusnya siap.

Belakangan ini, Dewan Nasional (DN) FTZ yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Radjasa telah menggelar rapat koordinasi (rakor) kendala FTZ Batam, Bintan, dan Karimun (BBK) pada Kamis (12/8) di Jakarta, menunjukkan keseriusan pemerintah pusat melaksanakan FTZ. Jika pembangunan pelabuhan kontainer Batuampar ini selesai, Batam bakal memiliki terminal kontainer berkapasitas 1,2 juta twenty-foot equivalent units (TEUs) yang siap melayani aktivitas bongkar muat barang kontainer. Dewan mendukung pembangunan pelabuhan Batuampar sampai ke pusat. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar