Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 19 Agustus 2010

16 Ruas Jalan Ditangani Kementerian PU

Beban Pemko dan OB Berkurang

SEKUPANG - Beban Pemko Batam dan Otorita Batam (OB) dalam menangani pembangunan jalan sudah berkurang. Pasalnya di tahun 2010 ini, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menangani 16 ruas jalan di Batam.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Batam Yumasnur, Selasa (17/8). Ia mengatakan, dari 16 ruas jalan yang kini ditangani Kementerian PU, sebagian besar diantaranya adalah jalan arteri atau jalan utama. Salah satunya jalan Simpang Jam menuju Kabil.

"Sebenarnya sebagian besar daerah lainnya di Indonesia banyak jalan-jalan perkotaan yang sudah ditangani Kementerian PU. Kita ini termasuk lambat. Tak apalah, tahun ini sudah 16 ruas jalan yang kini menjadi tanggung jawab Kementerian PU," ujarnya.

Dengan ditanganinya 16 ruas jalan oleh Kementerian PU, lanjut Yumasnur, maka Pemko dan OB bisa memperbaiki jalan yang lain. Diakui Yumasnur bahwa saat ini masih banyak jalan di Batam yang rusak. Bahkan ada yang rusak parah.

"Namun, karena APBD Kota Batam sangat terbatas, sebagian besar jalan itu tak bisa diperbaiki. Sebagian hanya ditambal sulam saja. Artinya, tugas PU masih banyak ke depan," katanya.

Menurut Yumasnur, jalan yang sudah dibangun harus dilakukan perawatan minimal sekali dalam 5-6 tahun. "Tapi tidak mungkin bisa dilakukan sekaligus. Sebab, jalan di Batam ini panjangnya 1.000 kilometer lebih. Tidak mudah mengaspal ulang karena biayanya sangat besar. Makanya dilakukan secara bertahap dan prioritas jalan yang rusak parah," jelasnya.

Ia menambahkan, sebagian jalan di Batam dibangun Pemprov Kepri, OB, Pemko Batam dan Kementerian PU. Jalan arteri umumnya dikerjakan OB, Kementerian PU dan Pemprov Kepri. Sedangkan tugas Pemko Batam mengerjakan jalan-jalan kolektor atau jalan menuju perumahan. (sm/ik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar