Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 03 Agustus 2010

BPES Berhasil Bina Wirausaha





Selasa, 03 Agustus 2010 08:00 (sumber Batam Pos,versi asli)

BATAM (BP) - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan (Kadisperindag) dan ESDM Kota Batam, Ahmad Hijazi, mengungkapkan, program 100 gerobak terencana yang digagas Batam Pos Entrepreneur School (BPES) bekerja sama dengan Badan Amal Zakat (BAZ) Kota Batam merupakan terobosan penting. Melalui program tersebut, BPES berhasil membina wirausaha di Batam.

”Program 100 Gerobak Terencana yang dilaksanakan BPES dan BAZ Kota Batam itu merupakan kemitraan private partnership, antara pemerintah dan swasta. Hal itu menunjukkan pembinaan BPES terhadap wirausaha sudah berhasil,” puji Hijazi di Kantor BPES, gedung Graha Pena Lantai 9, kemarin. Dalam kesempatan itu, Hijazi didampingi General Manager (GM) Batam Pos Entrepreneur School (BPES), Lisa Anggraini dan Wakil Ketua BAZ Kota Batam, Santoso.

Ditambahkan Hijazi, pemerintah akan memfasilitasi 100 Gerobak Terencana itu bisa bermitra dengan pasar modern seperti Nagoya Hill. ”Soal pasar akan difasilitasi Dinas Pasar, sementara dari sisi lokasi akan dibicarakan bersama Dinas Tata Kota,” paparnya. Ia juga menegaskan, Pemko mendukung penuh program 100 Gerobak Terencana tersebut, sesuai aturan berlaku. ”Kita akan mengedepankan unsur pemberdayaan wirausaha dipadu estetika kota,” paparnya.

Hijazi menegaskan program tersebut merupakan sebuah prestasi. Pasalnya, Pemko Batam tak perlu menggelontorkan APBD untuk membuat 100 gerobak serupa. ”Kalau di daerah lain, APBD digelontorkan membuat gerobak yang catnya sama. Tapi di Batam tidak, dan itu terlaksana lewat kemitraan private partnership,” urainya.

GM BPES, Lisa Anggraini, mengungkapkan, program itu merupakan upaya memberi kesempatan pengusaha sektor informal mulai dan mengembangkan usahanya. ”Mereka punya ide kreatif, tapi tak punya modal memadai. Mereka kita antar ke tahap awal usaha yang mereka jalankan,” kata Lisa. (hda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar