Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 25 Agustus 2010

Batam Akan Diterpa Angin Kencang

NONGSA- Angin kencang bakal muncul seketika dengan waktu yang tidak begitu lama menerpa Batam dan Kepri umumnya. Kondisi ini berlangsung tiga hari kedepan. Berdasarkan pantauan Badan Metereologi Geofisika (BMG) Hang Nadim Batam, angin kecang ini terjadi akibat adanya penumpukan awan columinimbus besar (CB) yang cukap padat. Kumpulan awan ini terjadi di atas selat Singapura.
"Penumpukan awan CB di Selat Singapura akibat penguapan panas yang terjadi beberapa hari belakangan. Ini yang mengakibatkan angin kencang disertai dengan hujan," ujar
Kepala Seksi Data dan Informasi BMG Hang Nadim Batam Agus, kemarin.

Agus mengatakan, intensitas hujan disertai angin kencang ini hanya kapasitasnya di bawah 15 milimeter. Dan kecepatan angin 15 knot yang bergerak dari barat daya ke arah Singapura.

"Agustus merupakan bulan kemarau. Dan pada bulan ini, curah hujan yang terjadi cukup kecil dibandingkan dengan bulan lainnya," ujarnya.

Dia mengatakan masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika melihat awan CB tebal yang muncul tiba-tiba, karena akan membahayakan masyarakat. Khususnya, jangan menggunakan alat-alat elektronik di lapangan luas.
"Jangan coba-coba untuk menggunakan telepon selular di lapangan luas," imbaunya.

Selain angin kencang disertai hujan, kondisi gelombang di perairan Kepri cendrung normal. Perkiraan untuk gelombang yakni satu meter hingga tiga meter.(sm/ed)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar