Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 13 Agustus 2010

BKDI OB Adakan Pengajian Rutin Selama Ramadhan

Latih Manusia Memahami Kebersamaan

BATAM CENTRE- Badan Dakwah Islam Indonesia (BKDI) Otorita Batam (OB) mengadakan pengajian rutin setiap hari dari Senin sampai Kamis selama Ramadhan. Hari pertama pengajian atau pada hari kedua puasa, Kamis (12/8), BKDI OB mendatangkan penceramah Ustadz DR KH Ahmad Mustain Syafii dari Pondok Pesantren (Ponpes) Jobuireng Jombang, Jawa Timur.

Dalam tauziahnya, KH Ahmad Mustain mengatakan bahwa menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah wajib bagi setiap muslim. Pada bulan Ramadhan, ibadah yang dilakukan setiap muslim juga dilipatgandakan Allah SWT. Seperti halnya shalat berjamaah.

Shalat berjamaah kalau dicermati sebenarnya adalah cara untuk melatih kebersamaan manusia hidup di dunia. Artinya, kata KH Ahmad, tanpa kebersamaan tentunya tidak akan terjadi shalat berjamaah. Dan kalau dihubungkan dengan pekerjaan sehari-hari pun, tanpa orang lain jelas pekerjaan juga tidak bisa dilaksanakan dan diwujudkan.

"Untuk itu, melalui bulan suci Ramadhan ini perbanyaklah shalat berjamaah dan mengaplikasikan arti shalat berjamaah itu dalam kehidupan sehari-hari. Perbanyaklah amal ibadah lainnya, karena bulan baik yang diberikan Allah SWT ini kesempatan baik bagi seluruh umat muslim," katanya.

Shalat lima waktu, lanjutnya, merupakan cara manusia menjalin komunikasi dengan Allah SWT. Selama shalat, keimanan manusia juga semakin bertambah. Tapi, keimanan itu juga semakin diuji Allah SWT, karena selepas shalat manusia lebih banyak menghabiskan waktu dalam keadaan iman yang labil.

"Itulah yang harus dibentengi oleh manusia. Jangan selepas ke luar dari rumah ibadah usai melaksanakan shalat berjamaah, manusia kembali lupa diri dan mengerjakan perbuatan dosa," ucapnya.

Ketua Panitia Ramadhan 1431 H OB atau BP Batam, Tato Wahyu mengatakan, pengajian BKDI OB diikuti sekitar 200 pegawai OB. Pengajian ini akan terus berlangsung hingga akhir Ramadhan nanti. Selama Ramadhan, Ketua OB Mustofa Widjaja juga mengadakan safari Ramadhan ke tujuh tempat di Batam. (sm/rl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar