Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 06 Januari 2010

Menhut Tanam Perdana di Batuaji

Rabu, 06 Januari 2010

Satu Miliar Pohon Selama 2010 ( sumber Batam Pos, klik versi asli )

BATUAJI (BP) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dijadwalkan akan melakukan penanaman pohon perdana untuk program penanaman 1 miliar pohon di seluruh Indonesua selama tahun 2010.

Penanaman pohon tersebut akan dilakukan di kawasan Batuaji, Kamis (7/1) pukul 14.30 WIB. Selanjutnya program 1 miliar pohon dilakukan di seluruh Indonesia.

Selain Menhut, penanaman perdana ini juga dihadiri dan dilakukan oleh Amien Rais, Soetrisno Bachir, Gubernur Kepri Ismeth Abdullah, pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indoensia (HKTI) Kota Batam dan pejabat lainnya.

Kepala Pusat Informasi Kehutanan Departemen Kehutanan Ir Masyud MM kepada Batam Pos mengatakan, program 1 miliar pohon tersebut merupakan aksi dari Departemen Kehutanan untuk mengurangi emisi gas buang dan pemanasan global, seperti yang diminta Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Penurunan emisi gas buang dari tahun 2010 hingga 2020 ditargetnya bisa turun sebesar 26 persen.

”Dephut ditargetkan bisa mengurangi emisi gas buang sebesar 15 persen. Sisanya dilakukan oleh pihak pabrik, swasta, masyarakat dan lainnya,” kata Masyud lewat ponselnya, kemarin (5/1).

Untuk mengurangi emisi gas buang yang menyebabkan pemanasan global (global warming), kata Masyud, Dephut sudah menyusun rencana aksi yang digelar tiap tahun, dari tahun 2010 hingga 2020. Antara lain, merehabilitasi 500 ribu lahan kritis di seluruh Indonesia, restorasi kawasan hutan terhadap kawasan hutan yang masih bagus, penanaman hutan tanamam industri (HTI) dan hutan tanam rakyat (HTR) sebanyak 400 ribu Ha, rehabilitasi aliran sungai yang kritis mencapai 300 ribu Ha dan penanaman oleh rakyat sebesar 50 ribu Ha.

Tahun 2009 lalu, Dephut sudah menanam 230 juta pohon di seluruh Indonesia. Tahun 2009, target one man one tree (satu orang satu pohon) tercapai. Bahkan ada yang satu orang menanam lebih dari satu pohon.

”Tahun 2010, satu orang menanam 4-5 pohon. Dengan penduduk Indonesia 250 juta jiwa, maka saya yakin target 1 juta miliar pohon tercapai,’’ kata Masyud.

Penanaman 1 miliar pohon ini dilakukan oleh pemerintah, swasta, pihak sekolah dengan melihatkan pelajar, organisasi, masyarakat dan semua pihak. (eri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar