Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 29 Agustus 2012

Rp4 M Masuk ke Rekening Maskapai

BATAM (HK) - Rencana pemerintah menggabungkan airport tax ke dalam harga tiket pesawat akan membuat gendut rekening maskapai. Dari Bandara Hang Nadim Batam, besaran airport tax per bulan sekitar Rp4 miliar.

Armat Juang, Liputan Batam

Kabid Komersial Bandara Hang Nadim Dendi Gustinandar menyampaikan, rata-rata penumpang di Bandara Hang Nadim antara 1,5 juta hingga 1,8 juta orang. Tarif airport tax penerbangan lokal sebesar Rp30.000 dan penerbangan international Rp100 ribu. Artinya, pendapatan Bandara Hang Nadim paling sedikit  Rp45 miliar per tahun dari airport tax, atau sekitar Rp4 miliar per bulan.

Saat ini tercatat delapan maskapai yang memiliki jadwal penerbangan di Bandara Hang Nadim, dan ada juga yang tidak berjadwal.

Tambahnya, kebijak yang akan diterapkan ini berlaku secara nasional dan pihaknya mendukung untuk menyukseskannya. Ia juga mengatakan, penggabungan tiket pesawat dengan airport tax bukan hal baru didunia penerbangan, negara-negara maju sudah menerapkannya.

"Kebijakan yang baru ini, akan meningkatkan kenyamanan dan lebih efisien bagi para penumpang dalam berpergian dengan mempergunakan angkutan udara, tentunya harus kita dukung," terangnya.

Dikatakannya, akan ada mekanisme teknis yang mengatur tentang prosedur pembayaran airport tax tersebut. Pihaknya menunggu hal tersebut.

Saat ini pihaknya masih belum melakukan pertemuan dengan maskapai yang ada, terkait akan dilakukannya penggabungan airport tax denga tiket pesawat. "Kalau sudah ada keputusannya dari pusat kita langsung akan adakan pertemuan khusus dengan seluruh maskapai yang ada," terangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar