Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 13 Agustus 2012

PDS Siap Layani Arus Mudik

SIDAK PDS-Kepala BP Batam Mustofa Widjaja (pakai topi) berbicara dengan Kasatker PDS Mugi Utomo (kanan) saat meninjau kesiapan PDS menghadapi arus mudik Lebaran, Sabtu (11/8). Taslimahudin/Haluan KepriBATAM (HK)-Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) siap melayani arus mudik Lebaran 1433 Hijriah. Kesiapan itu dipastikan saat Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP) Batam Mustofa Widjaja beserta sejumlah petinggi BP Batam melakukan peninjauan ke pelabuhan itu, Sabtu (11/8) siang.

"Kita turun untuk memantau dan mengecek fasilitas yang ada di pelabuhan. Kita kroscek, jangan sampai ada yang yang rusak," kata Mustofa.

Kata Mustofa, pihaknya selalu mengkhawatirkan kondisi ponton dermaga pelabuhan. Apalagi, kata dia, saat puncak arus balik, penumpang kerap berdesak-desakan di atas ponton karena berebut saat hendak naik ke atas kapal.

"Sebelum terjadi peningkatan arus penumpang yang diperkirakan H-5, kita cek dulu. Kita persiapkan semua, jangan sampai nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," kata Mustofa yang dalam kunjungan itu antara lain didampingi Anggota I BP Batam I Wayan Subawa, Kasatker PDS Mugi Utomo, dan Kepala Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Sekupang AKP Dasrul Savit serta sejumlah pejabat Kanpel Batam.

Sementara itu, dari pantauan Haluan Kepri kemarin, arus mudik di pelabuhan itu masih terbilang normal. Hingga pukul 13.30 WIB, penumpang yang berangkat dari PDS sekitar 1.300 orang, sementara yang datang berkisar 850 orang. Angka ini relatif masih sama dengan hari-hari biasanya.

Mengenai keamanan pelabuhan, pihak kepolisian sudah mendirikan posko pengamanan. Pos pengamanan dan pelayanan yang didirikan tepat di pintu masuk gedung pelabuhan itu sudah diaktifkan sejak dini hari kemarin dan dijaga sedikitnya 15 personil.

Menurut kepala posko Ipda Sarwono, personil kepolisian yang ditempatkan di posko itu berasal dari sejumlah kesatuan, seperti Satuan Lalulintas yang bertugas menertibkan kendaraan yang keluar masuk pelabuhan saat arus mudik dan balik Lebaran, Satuan Rekrim, Satuan Polisi Air dan dari KPPP sendiri. "Pos ini kita operasikan mulai H-7 seperti sekarang hingga H+7," ujarnya.

Namun demikian, apabila kondisi belum memngkinkan, pihaknya akan terus berjaga hingga kondisi penumpang di PDS kembali kondusif dan normal seperti hari biasanya.

Kapolsek KPPP AKP Dasrul Savit mengutarakan, pos yang ada di PDS merupakan satu pos dengan yang ada di pelabuhan Beton. Ia mengatakan pos itu disatukan karena aktivitas di pelabuhan Beton hanya meningkat saat kapal Pelni bersandar, bukan setiap hari seperti di PDS. "Sama saja, anggota kita yang jaga di sini, di Pelabuhan Beton iya juga. Kan Pelni tidak setiap hari berangkatnya. Hanya memang jumlah personil 15 orang ini tidak mencukupi. Nanti ketika Pelni masuk, kita nanti tinggal menghubungi Polresta, untuk minta tambahan anggota untuk bantuan pengamanan," ujar Dasrul. (cw56)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar