Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 28 Agustus 2012

Perbaikan Jembatan VI Belum Pasti

Selasa, 28 Agustus 2012 (Sumber: Haluan Kepri)

BATAM CENTRE (HK) -- Jembatan VI Barelang yang rusak akibat tertabrak kapal tongkang APC Aussie I pada 6 Juni 2012 lalu, belum jelas kapan akan diperbaiki. Sejauh ini, pihak pemilik kapal belum memberikan kepastian waktu dimulainya pengerjaan perbaikan.

"Perbaikan akan dimulai tergantung dari pemilik kapal. Dan hingga saat ini kita belum menerima komfirmasi," kata Kepala Subdit Sarana dan Prasaranan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Yudi Cahyono, Senin (27/8) di Batam Centre.






Mantan pimpinan proyek pembangunan Jembatan VI Barelang ini mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan pembahasan teknik untuk perbaikan di Jakarta yang akan dilakukan. Diperkirakan, lama perbaikan kerusakan jembatan memakan waktu tiga sampai empat bulan.

Selama proses perbaikan jembatan nantinya, kata Yudi, tidak akan sampai menggangu aktivitas masarakat yang melalui jembatan tersebut. Dikatakan, yang akan diperbaiki terlebih dahulu adalah bagian jembatan yang rusak, untuk sisi yang satu lagi masih bisa dipergunakan secara normal namun dengan bobot terbatas yang dapat melintas di atas jembatan.

Untuk diketahui, Jembatan VI dibangun oleh Otorita Batam (sebelum berganti nama menjadi BP Batam) mulai dari tahun 1994 hingga 1996. Akibat tertabrak oleh APC Aussie I, satu blok jembatan terangkat dan miring sekitar satu meter dari bantalannya. Sementara pada sisi yang lain bergeser hingga lebih dari satu meter.

Jembatan tersebut memiliki panjang sekitar 200 meter. Terdiri dari empat sisi yang masing-masing sisi memiliki panjang sekitar 45 meter dan lebar 2x6,5 meter. (cw57)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar