Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 09 Agustus 2012

PEMUDIK MULAI PADATI BANDARA HANG NADIM

  • Copyright:ANTARA
  • Date:Aug 08/2012
Batam, 8/8 (ANTARA) - Pemudik Lebaran 1433 Hijriah yang akan pulang kampung ke berbagai wilayah di Tanah Air mulai memadati Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Pemudik memang sudah terlihat padat, tetapi peningkatan belum signifikan dan tergolong masih wajar," kata Kepala Satuan Kerja Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, di Batam, Rabu.

 Hingga saat ini, rata-rata jumlah penumpang di Hang Nadim masih sekitar 5.000 orang per hari. Sementara saat puncak arus mudik pada 2011 mencapai rata-rata di atas 6.000 orang per hari.

Ia mengatakan, puncak arus mudik baru akan terjadi mulai H-4 (16/8) hingga sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2012.
"Secara bertahap peningkatan mulai terjadi, namun puncaknya baru akan terjadi pada beberapa hari menjelang Lebaran nanti," kata dia.

Ia mengatakan, hingga saat ini tidak ada permintaan penambahan penerbangan dari seluruh maskapai.
"Jumlah penerbangan yang ada diperkirakan sudah mampu mengangkut semua pemudik," kata Suwarso.
Senada dengan itu, Kepala Bandara Hang Nadim Batam, Hendro Harijono, mengatakan pemudik dari Malaysia juga sudah mulai nampak sejak beberapa hari terakhir.

Para TKI tersebut, rata-rata menggunakan kapal feri dari Setulang Laut Malaysia menuju Pelabuhan Internasional Batam Centre dan melanjutkan penerbangan ke berbagai daerah melalui Bandara Internasional Hang Nadim.

"Sekitar 40 persen penumpang bandara adalah TKI Malaysia yang ingin merayakan Lebaran Idul Fitri di kampung halaman," kata Hendro Harijono.
Ia mengatakan, keberadaan TKI sangat mudah dilihat. Mereka rata-rata bergerombol dan datang ke bandara sejak pagi walaupun penerbangan pada siang atau sore hari.
"Setiap tahun, saya berupaya pulang untuk merayakan Lebaran di kampung halaman," kata Latif, seorang TKI dari Jawa Timur yang bekerja di perkebunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar