Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 24 Agustus 2012

Batam Butuh 1.119 Orang Tenaga Kerja

Jumat, 24 Agustus 2012  (Sumber : Posmetro Batam)

12 Investor Mulai Masuk

BATAM, METRO :Badan Pengusahaan (BP) Batam menyatakan, diawal semester dua tahun ini, 12 investor asing menanamkan modalnya. Dengan total investasi sebesar 11,8 juta Dollar Amerika. Ini dikatakan Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan.

Ilham menuturkan, nilai investasi pada Juli tahun ini meningkat jika dibandingkan pada bulan yang sama di tahun 2011. "Pada Juli 2011, jumlah Penanam Modal Asing (PMA) yang menanamkan modalnya di Batam, hanya tujuh, dengan nilai investasi sebesar 5,8 juta Dollar Amerika," katanya kepada wartawan kemarin.

Ilham menjelaskan, dari 12 PMA tersebut, sebagian besar masih tertarik di bidang shipyard. Sementara untuk asal negaranya, yang murni melakukan investasi langsung, menurutnya hanya Singapura dan Malaysia. "Sisanya adalah perusahaan joint venture dengan Indonesia," jelasnya.

Ia menambahkan, keseluruhan proyek investasi tersebut diperkirakan mampu membuka lapangan pekerjaan sebanyak 1.119 orang untuk tenaga kerja Indonesia dan 53 tenaga kerja asing.

Tidak hanya itu, pada bulan yang sama,, lanjutnya, sembilan PMA ikut mengajukan aplikasi investasi ke BP Batam dengan nilai ibvestasi 15,1 juta Dolar Amerika.

"Kebanyakan mereka bergerak di bidang usaha industri barang logam, industri barang kulit, jasa pertambangan dan minyak bumi, serta reparasi kapal," tuturnya.

Menurutnya, negara-negara yang mengajuakn permohonan investasi tersebut, yaitu Uni Emirat Arab, Inggris, Malaysia, Australia, dan Cina.

Untuk aplikasi investasi, Ilham memprediksi juga akan membuka lapangan kerja untuk sekitar 405 orang. (ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar