Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 02 Agustus 2012

PELABUHAN DOMESTIK SEKUPANG BATAM OPERASIKAN 53 KAPAL

  • Copyright:ANTARA
  • Date:Aug 01/2012
Batam, 1/8 (ANTARA) - Operator pelayaran di Pelabuhan Domestik Sekupang Kota Batam akan mengoperasikan 53 kapal feri untuk menganggut penumpang mudik Lebaran tahun ini ke berbagai tujuan.

"Akan ada 53 kapal yang dioperasikan untuk mengangkut penumpang ke berbagai tujuan, termasuk beberapa wilayah Provinsi Riau dan Jambi," kata Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Batam Erwin Syafrizal di Batam, Rabu.

PDS Batam meerupakan pelabuhan utama yang menghubungkan Kota Batam dengan berbagai wilayah di Kabupaten Tanjung Balai Karimun seperti Tanjung Balai, Tanjung Batu, Urung, Kundur, Moro, Penarah, Pulau Buluh dan beberapa pulau lain.

Selain itu, PDS Batam juga melayani pelayaran ke beberapa kota/kabupaten di Provinsi Riau seperti Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, dan Buton Pekan Baru. PDS juga melayani pelayaran ke Kuala Tungkal Provinsi Jambi.

"Saat ini memang belum semua dioperasikan, saat mulai ada lonjakan penumpang baru dioperasikan berdasarkan kebutuhan," kata dia.

Mulai 7 Agustus, kata dia, petugas kesehatan pelabuhan dan PT Jasa Rahaarja Batam akan mendirikan posko kesehatan untuk membantu penumpang yang mengalami gangguan saat akan berlayar dan penumpang yang baru tiba di Batam.

Pada puncak arus mudik nanti juga akan dibuka dua pintu menuju dermaga ponton. Kedua terminal yang ada akan digunakan untuk keberangkatan.

"Pada waktu normal, hanya satu dermaga yang difungsikan untuk keberangkatan. Sedangkan dermaga lain difungsikan untuk kedatangan. Namun saat puncak arus mudik nanti dua-duanya akan difungsikan untuk keberangkatan, karena jumlah penumpang yang datang biasanya jauh lebih sedikit daripada keberangkatan" kata Erwin.

Ia mengatakan perbaikan dermaga yang dilakukan beberapa waktu terakhir sudah rampung sehingga fungsinya dapat dioptimalkan saat puncak arus mudik nanti.

"Perbaikan yang dilakukan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam selaku pemilik pelabuhan sudah selesai dilakukan. Sehingga fungsinya bisa lebih dioptimalkan," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar