Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 19 September 2011

Donasi Pelabuhan dan Bandara Segera Diberlakukan

(sumber Haluan Kepri)
Senin, 19 September 2011

Bandara Rp10 Ribu, Pelabuhan Internasional Rp15 Ribu
NONGSA- Pemko Batam segera memberlakukan penarikan uang donasi dari masyarakat pengguna jasa bandara, pelabuhan internasional dan pelabuhan domestik, paling lambat awal Oktober 2011. Besaran donasi yang dipungut yakni, Rp10 ribu untuk penumpang di bandara, Rp15 ribu untuk pelabuhann internasional dan Rp3.000 untuk penumpang di pelabuhan domestik. Sedangkan yang diberlakukan saat ini, passenger fee di pelabuhan internasional sebesar 7 dolar Singapura dan Rp30.000 di bandara. Dengan diberlakukannya donasi kepelabuhan dan bandara tersebut, maka setiap pengguna jasa pelabuhan internasional akan dikenai 9 dolar Singapura, Rp40.000 di bandara, dan Rp3.000 di seluruh pelabuhan domestik yang ada di Batam.

Demikian disampaikan Sekda Kota Batam Agussahiman kepada Haluan Kepri di Nongsa, Minggu (18/9).
Kata dia, donasi kepelabuhan dan bandara tersebut di luar passenger fee yang selama ini ditarik oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam dan disetor ke pusat dalam bentuk Peneriman Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Sistem penerimaannya sama, cuma peruntukannya beda. Donasi kepelabuhan dan bandara ini untuk daerah. Di luar penerimaan yang dilakukan selama ini oleh BP Batam," ujar Agusahiman.

Pemberlakuan donasi kepelabuhan dan bandara tersebut menurut Agussahiman sudah melalui mekanisme, yaitu kesepakatan antara Pemko Batam, DPRD Kota Batam dan BP Batam. Selain itu, surat rekomendasi dari DPRD Kota Batam juga telah diterima oleh Pemko Batam.

"Rekomendasi dari DPRD Kota Batam sudah kita dapatkan. Tinggal pelaksanaanya saja. Dalam hal ini, kita menggandeng pihak agen pelayaran dan agen penerbangan untuk menarik biaya tersebut," ujar Agussahiman.

Kadis Perhubungan Kota Batam Zulhendri menyebutkan hingga akhir 2011 ini, potensi PAD Batam dari donasi kepelabuhan dan bandara sekitar Rp40 miliar.

"Saya tidak ingat berapa angka pasti potensinya. Tetapi ada sekitar Rp40 miliar bila diterapkan hingga akhir 2011 ini," ujar Zulhendri.

Untuk lebih efektif dan efisien, lanjut Zulhendri, Pemko Batam menggandeng agen penjualan tiket penerbangan, dan agen penjualan tiket pelayaran untuk melakukan penarikan. Untuk donasi pelabuhan international yang memiliki angka lebih besar, donasi tersebut sebagian besarnya diberlakukan pada turis luar negeri.(pti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar