Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 19 Juli 2012

X-Ray Rusak, Bea Cukai Tak Lakukan Pemeriksaan

Kamis, 19 Juli 2012 (Sumber : Posmetro)

BATAM, METRO : X-Ray di Pelabuhan Penumpang Telaga Punggur mengalami kerusakan sejak tiga bulan lalu. Hingga kini, X-Ray itu tak kunjung diperbaiki. Dan selama X-Ray mengalami kerusakan, tidak adanya pemeriksaan yang dilakukan pihak Bea Cukai di pelabuhan tersebut.

Rusaknya X-Ray di Pelabuhan Telaga Punggur membuat Anggota Komisi III DPRD Kepri yang melakukan sidak, Selasa (17/7) bertanya-tanya terkait pengawasan yang dilakukan pihak Bea Cukai. "Sudah rusak selama tiga bulan, tetapi belum diperbaiki. Kami menghimbau, meskipun X-Ray rusak, akan tetapi para petugas BC tetap harus melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang. Karena kita juga harus mengantisipasi masuk dan keluarnya barang-barang yang dapat berakibat buruk, seperti narkoba,"ujar Joko Nugroho, Ketua Komisi III DPRD Kepri.

Salah satu petugas BC yang ada di Pelabuhan Telaga Punggur mengatakan bahwa mesin X-Ray yang ada sudah mengalami kerusakan sejak tiga bulan lalu.

Namun, surat pemberitahuan kerusakan sudah disampaikan kepada pihak Bea Cukai dan rencananya akan diperbaiki dalam waktu dekat. Dan terkait pengawasan di pintu keberangkatan Pelabuhan Telaga Punggur, petugas BC tersebut mengatakan bahwa pihaknya tetap melakukan pengawasan meskipun X-Ray tidak berfungsi. "Tetap kita periksa Pak, kita lihat barang-barangnya,"ujarnya kepada para anggota sidak.

Sementara itu, dari pantauan POSMETRO, di Pelabuhan Telaga Punggur, tidak pernah terlihat adanya pemeriksaan yang dilakuka pihak Bea Cukai di pintu keberangkatan. Terlihat jelas, para penumpang bisa masuk dan membawa barang bawaannya. Bahkan tidak jarang para penumpang berlari-lari menuju kapal dengan barang bawaannya.

Hal seperti inilah yang dikhawatirkan pihak Komisi III DPRD Kepri. karena dengan tidak adanya pemerikasaan yang dilakukan pihak Bea Cukai, maka peredaran narkoba serta barang-barang membahayakan lainnya, akan sangat mudah. Untuk itu, Komisi III DPRD Kepri menghimbau agar pihak Bea Cukai serius dalam menangani X-Ray yang rusak dan pemeriksaan barang bawaan penumpang baik di pintu keberangkatan maupun kedatangan. (nay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar