Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH DIREKTORAT PTSP & HUMAS

Rabu, 18 Juli 2012

Komisi III Sidak Kesiapan Pelabuhan Hadapi Lebaran

Selasa, 17 Juli 201
 (Sumber : Tribun Batam)

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM -Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau yang membidangi infrastruktur melakukan inspeksi mendadak (Sidak,red) ke beberapa pelabuhan di Kota Batam untuk mengecek kesiapan menghadapi Lebaran 1433 Hijriyah/2012.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Joko Nugroho di Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur, Selasa, mengatakan pihaknya ingin memastikan kesiapan semua pelabuhan sebelum musim mudik tiba.

"Kami ingin memastikan kesiapan seluruh pelabuhan terutama antarpulau agar bila ada kekurangan segera bisa dilakukan perbaikan sebelum musim mudik," kata dia.

Selain pelabuhan PT ASDP (Roro) Telaga Punggur, Komisi III DPRD Kepri juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pelabuhan Domestik Punggur, Pelabuhan Domestik Sekupang dan Pelabuhan Beton Sekupang.

"Persiapan pada beberapa pelabuhan tersebut sudah cukup baik. Walaupun di Pelabuhan Domestik Telagga Punggur alat pemindai (x-ray) mengalami kerusakan," kata Joko.

Joko meminta semua pengelola pelabuhan mengutamakan keamanan dan keselamatan  penumpang.

Ia juga meminta pengelola pelabuhan waspada saat terjadi peningkatan penumpang menjelang Lebaran.

Anggota komisi III lainnya Abdurrahman LC juga meminta pengelola pelabuhan segera melakukan perbaikan termasuk ponton agar saat terjadi lonjakan penumpang Lebaran Idul Fitri tidak terjadi gangguan.

"Beberapa bagian pelabuhan seperti ponton dan alat pemindai harus menjadi perhatian. Jangan sampai menghambat arus penumpang saat musim mudik nanti," kata dia.

Ia meminta Bea dan Cukai Batam segera melakukan perbaikan pada alat tersebut agar saat arus mudik Lebaran 1433 Hijriyan nanti tidak  menimbulkan masalah.

Syahbandar Pelabuhan Domestik Telagga Punggur Nurdiyanto mengatakan kondisi pelabuhan saat ini tengah dalam perbaikan untuk menghadapi arus penumpang mudik.

"Saat ini sedang dilakukan perbaikan di beberapa pelabuhan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai pengelola. Namun perbaikan secara menyeluruh baru akan dilakukan pada 2013," kata dia.

Pelabuhan Domestik Telagga Punggur menghubungan Kota Batam-Tanjunguban dan Tanjungpinang di Pulau Bintan,  serta Pelabuhan Jagoh di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar